Seniman Pakistan Buat Mushaf Alquran Terbesar Dunia

Senin , 18 Oct 2021, 15:20 WIB Reporter :Meiliza Laveda/ Redaktur : Agung Sasongko
Alquran (ilustrasi)
Alquran (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, KARACHI -- Alquran berukuran panjang 8,5 kaki dan lebar 6,5 kaki tengah dalam pengerjaan di Pakistan. Adalah seniman Pakistan Shahih Rassam dan lebih 200 rekannya tengah mengerjakan proyek tersebut. Targetnya, proyek tersebut selesai pada 2026. 

 

Terkait

Rekor terbesar Alquran masih dipegang oleh Afghanistan dengan salinan Alquran berukuran panjang 6,5 kaki dan lebar 4,5 kaki pada tahun 2017 dan sekarang disimpan di Masjid Kul Sharif di kota Kazan, Rusia.

Baca Juga

Menurut Rassam, proyek ini menandai pertama kalinya dalam lebih dari 1.400 tahun sejarah Islam Alquran dicetak dalam aluminium. Para ahli kaligrafi sebelumnya telah menghasilkan seni klasik dalam membuat salinan kitab suci menggunakan bahan konvensional seperti kayu, kertas, kulit binatang dan kain.

“Ini adalah proyek seumur hidup saya,” kata Rassam. Selama beberapa bulan terakhir, pria yang berusia 49 tahun ini membutuhkan dua tahun untuk mempersiapkan dua halaman pertama Alquran yang telah menghabiskan rata-rata 10 jam per hari.

Dilansir Daily Sabah, Senin (18/10), Rassam akan menampilkan sampel pertama dari karya seninya surat ke-55, Ar-Rahman dari Alquran di Dubai Expo 2020 yang sedang berlangsung pada bulan November. Seniman yang berbasis di Karachi itu mengatakan karyanya terinspirasi oleh desain seni Turki, Arab, dan Iran.