Rabu 20 Oct 2021 07:07 WIB

Duse Mohamed Ali, Editor Muslim Pionir Gerakan Anti Rasisme

Duse Mohamed Ali sering menyoroti ketidakadilan kolonial

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Esthi Maharani
Ilustrasi Stop Rasisme
Foto: Pixabay
Ilustrasi Stop Rasisme

IHRAM.CO.ID, LONDON -- Dusé Mohamed Ali adalah seorang aktor dan aktivis politik Sudan-Mesir, yang dikenal karena nasionalisme Afrikanya. Dia juga penulis naskah drama, sejarawan, jurnalis, hingga seorang editor editor perintis The African Times dan Orient Review. Seorang yang kontribusi pentingnya bagi gerakan anti-rasisme telah dilupakan.

Dilansir dari Middle East Eye, Ali lahir di Aleksandria, Mesir pada 21 November 1866. Ia merupakan putra seorang perwira tentara Mesir, Abdul Salem Ali. Sementara istrinya yang berasal dari Sudan.

Pada Juli 1912, ia mendirikan apa yang bisa dibilang warisan terbesarnya, The African Times dan Orient Review, surat kabar pertama yang dimiliki dan diedit oleh orang kulit hitam di Inggris. Hal baru di kancah nasional dan internasional saat itu. Ali adalah orang yang memiliki banyak usaha dan bakat bisnis, tetapi pekerjaan yang dia lakukan dalam perjuangan melawan imperialisme dan rasisme adalah yang paling mencolok.

Artikel Ali mencakup nasionalisme Mesir, menentang pendudukan Inggris di Mesir, dan kebutuhan untuk mengekang diskriminasi dan prasangka dalam segala bentuknya. Dia juga berkontribusi pada Freewoman, majalah feminis mingguan, di mana dia mengkritik pendirian agama di Mesir karena tidak memperbaiki kondisi wanita dalam masyarakat Islam.

Pidato Theodore Roosevelt di Guildhall London pada tahun 1910 membuat Ali marah dan membuktikan titik balik dalam karirnya.  Dalam pidatonya, mantan presiden menekankan pada pemerintah Inggris perlunya menggunakan "tongkat besar" di Mesir setelah pembunuhan Perdana Menteri Boutros Ghali dan menyatakan bahwa nasionalis Mesir adalah "ancaman".

“Ketika saya membaca laporan pidato Guildhallnya, saya benar-benar mendidih. Saya segera bergegas ke kantor New Age dan meminta editor, AR Orage untuk mengizinkan saya menulis sanggahan di halamannya, untuk ucapan-ucapan hinaan Roosevelt,”tulis Ali.  

In the Land of the Pharaohs, sebuah sejarah Mesir modern, awalnya diterbitkan untuk mendapat pengakuan luas pada tahun 1911 di New York dan London.  Ini adalah buku pertama yang diterbitkan oleh seorang penulis Mesir dalam bahasa Inggris tentang Mesir, dan itu dipuji sebagai "otoritas Mesir dan nasionalis asli", yang mencakup keluhan pendudukan Inggris.

Namun, ketika ditemukan bahwa Ali yang tertekan pasti telah menjiplak karya-karya Arabis terkenal Wilfred Scawen Blunt antara lain, Ali terpaksa menerbitkan kualifikasi, mengakui para penulis itu sebagai sumber karyanya. Meskipun terlibat dalam skandal sastra, debut Ali memiliki dampak besar di Amerika dan Afrika Barat, memasuki kanon sastra Pan-Afrika dan mengukuhkan posisi Ali sebagai pembela hak-hak kulit hitam.

Dalam kolomnya, Ali sering menyoroti ketidakadilan kolonial, yang dia tahu akan diambil oleh anggota parlemen Partai Buruh oposisi di parlemen Inggris. Takut akan sifat kontroversial jurnal, pemerintah Inggris melarangnya di India dan koloni Inggris di Afrika menjelang akhir Perang Dunia Pertama untuk mencegah kerusuhan.  Duffield mencatat bahwa ia menerima "upeti backhand karena tidak disukai dan agak ditakuti oleh Kantor Kolonial, Kantor Luar Negeri dan Kantor India".

Ali juga sangat menyadari pentingnya emansipasi ekonomi orang kulit berwarna, dengan mengiklankan produk Afrika di surat kabarnya. Pada tahun 1913, Marcus Garvey muda, pemimpin nasionalis kulit hitam Jamaika, bergabung dengan staf editorial surat kabar tersebut untuk mempelajari lebih lanjut tentang kondisi orang Afrika di bagian lain Kerajaan, bukan hanya Hindia Barat.  Diakui secara luas bahwa ide dan kepribadian Ali memiliki pengaruh besar pada aktivis Jamaika.

 Meskipun hidupnya relatif singkat, pesan di balik ATOR masih relevan hingga kini dengan publikasi anti-rasis yang progresif kemudian, seperti West Indian Gazette dan Race Today karya Claudia Jones, serta inovator saat ini, gal-dem, Black Ballad, The Black Muslim Times.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement