Sabtu 23 Oct 2021 15:29 WIB

Alquran Bertulis Emas Abad ke-16 Akan Dilelang

Alquran emas tua dari Persia

Alquran emas masa Persia yang akan dilelang oleh  Sotheby's London, Inggris.
Foto: sothebys.com/
Alquran emas masa Persia yang akan dilelang oleh Sotheby's London, Inggris.

IHRAM.CO.ID, LONDON --- Sebuah mushaf Alquran bersejarah yang ditulis dengan emas akan dilelang di Sotheby's London, Inggris. Seperti dilansir Iqna.ir pada Sabtu (23/10) lelang Seni Dunia Islam menawarkan benda-benda bersejarah, lukisan, dan manuskrip bersejarah.

Sebuah Quran yang ditulis dengan emas dari Persia pada abad ke-16 juga menjadi salah satu yang akan dilelang. Ini merupakan salah satu manuskrip lengkap di mana bagian utama teks telah seluruhnya dibuat dalam skrip emas. Alquran  itu bisa dijual hingga 500.000 poundsterling.

Rumah lelang internasional mengatakan itu adalah iterasi nilai tertinggi dari penjualan dua tahunan dalam satu dekade. Lot teratasnya, kandil kuningan bertahtakan emas dan perak dari abad ke-13 diperkirakan akan terjual antara 2 juta poundsterling dan 3 juta poundsterling, dengan rumah lelang menyebutnya contoh terbaik dari pengerjaan logam Islami yang muncul di pasar dalam lebih dari 10 tahun.

Dua pasang kacamata zamrud dan berlian termasuk di antara barang-barang lain yang akan ditawarkan dalam pelelangan. Baru-baru ini dipamerkan di Museum Seni Metropolitan di New York, Sotheby's menggambarkan ornamen tersebut, yang dibuat di Irak Utara sekitar tahun 1275, sebagai perwujudan upacara istana pada masa itu.

 

Dua pasang kacamata berlian dan zamrud, masing-masing disebut Halo of Light dan Gate of Paradise, ditetapkan untuk memikat penawar. Ditawarkan di pelelangan untuk pertama kalinya, kacamata yang mempesona itu dipesan oleh seorang pangeran tak dikenal di Mughal India abad ke-17 dan masing-masing dibanderol antara 1,5 juta poundsterling dan 2,5 juta. Rumah lelang mengatakan bahwa seni yang digunakan untuk membentuk berlian itu sangat bagus.

 “Mereka tidak diragukan lagi merupakan keajaiban bagi ahli permata dan sejarawan, dan merupakan kegembiraan yang nyata untuk dapat membawa harta ini ke cahaya dan menawarkan kepada dunia kesempatan untuk bertanya-tanya pada kecemerlangan dan misteri di balik penciptaan mereka,” kata Edward Gibbs , Ketua Sotheby's Middle East and India.

Penggemar astronomi bisa mendapatkan beberapa kemajuan awal dunia Muslim di bidang ini melalui astrolabe kuningan besar yang berasal dari Maroko abad ke-18 dan bola langit kuningan Mughal langka yang diukir dengan nama Arab lebih dari 1.000 bintang.

Penjualan Sotheby's Arts of the Islamic World dan India diadakan dua kali setahun pada bulan April dan Oktober dan memamerkan karya seni berkualitas tinggi termasuk kaligrafi, lukisan, keramik, logam, perhiasan, dan furnitur yang diproduksi antara abad ketujuh dan ke-19. Dua lelang terakhir mengumpulkan total gabungan lebih dari 20 juta poundsterling.

Lelang berlangsung di Sotheby's di London pada 27 Oktober di mana penawaran dapat dilakukan secara langsung dan online.Andrian Saputra

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement