Senin 25 Oct 2021 00:09 WIB

Meletakan Alquran yang Benar, ini Penjelasannya

Meletakan Alquran yang benar seperti ini penjelasannya.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Agung Sasongko
Alquran
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Alquran

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Sebagian dari kita kerap meletakan Alquran pada sembarang tempat, mungkin karena lupa atau ada alasan lain. Lalu bagaimana meletakan Alquran yang benar?

Dikutip dari buku Tajwid Lengkap Asy-Syafi'i karya Abu Ya'la Kurnaedi, meletakkan mushaf Alquran di tempat yang tinggi lebih utama, seperti di atas kursi atau rak pada dinding yang jauh dari permukaan tanah maupun lantai.

Baca Juga

Adapun apabila terpaksa meletakkannya di lantai karena kebutuhan mendesak dan bukan untuk menghinakannya, dengan catatan permukaannya suci, seperti saat seseorang mengerjakan shalat dan tidak mendapati tempat yang tinggi, atau ketika sujud tilawah, maka melakukan yang demikian tidak mengapa in sya Allah.

Tidak diketahui adanya larangan terkait hal ini. Walaupun begitu, meletakkannya di atas kursi, bantal, atau rak dinilai sebagai sikap yang lebih hati-hati.

 

Telah tsabit (tetap) bahwa ketika Nabi ﷺ meminta Taurat untuk diperiksa dengan sebab pengingkaran kaum Yahudi terhadap hukum rajam, beliau pun meminta dibawakan Taurat dan sebuah kursi kemudian meletakkan Kitab itu di atasnya, lalu beliau memerintahkan seseorang memeriksanya sampai mendapatkan ayat yang menunjukkan hukum rajam sekaligus menyangkal kedustaan orang-orang Yahudi.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement