Senin 25 Oct 2021 18:00 WIB

Kemenkeu Apresiasi Laporan Keuangan Sleman

Apresiasi ini jadi wujud komitmen menyajikan laporan keuangan yang akuntabel.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Fernan Rahadi
Menteri Keuangan, Sri Mulyani
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Menteri Keuangan, Sri Mulyani

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Pemkab Sleman meraih penghargaan dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Penghargaan ini diberikan karena Pemkab Sleman mampu meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 10 kali berturut-turut dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Penghargaan diserahkan Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan (Kanwil DJPb) DIY, Atif Wibawa kepada Bupati Sleman, Kustini Purnomo. Turut didampingi Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa dan Sekda Sleman, Harda Kiswaya.

Kepala Kanwil DJPb DIY, Atif Wibawa mengatakan, penghargaan WTP itu diberikan sebagai bentuk apresiasi atas prinsip akuntansi keuangan tepat dan akuntabel. Menerapkan pengelolaan keuangan daerah sesuai tata kelola yang baik dan benar.

Artinya, lanjut Atif, LKPD dapat disusun dengan akurat dan berhasil mencapai opini WTP. Ia turut memberikan apresiasi kepada BKAD Kabupaten Sleman karena telah kontribusi yang sangat besar dengan memberikan data terkini dan akurat.

Sehingga, Atif menekankan, dapat disusun kajian dan laporan keuangan secara baik dan benar. Ia menegaskan, itu semua menjadi masukan dan pertimbangan penting bagi Kemenkeu dalam pengambilan kebijakan terkait keuangan daerah.

"Ke depannya, berharap sinergi antara Kanwil Ditjen Perbendaharaan DIY dengan Pemkab Sleman dapat terus terjalin lebih baik lagi," kata Atif, Senin (25/10).

Bupati Sleman, Kustini Purnomo, menyampaikan terima kasih kepada Kementerian Keuangan dan Kanwil DJPb DIY atas penghargaan WTP yang diberikan. Apresiasi ini jadi wujud komitmen menyajikan laporan keuangan yang akuntabel dan transparan.

Diperolehnya WTP 10 kali berturut turut Sleman ini tidak terlepas dari upaya-upaya dan komitmen seluruh OPD di lingkungan Pemkab Sleman. Karenanya, Kustini mengapresiasi seluruh kepala perangkat daerah atas kerja sama mereka selama ini.

"Sehingga, Pemkab Sleman dapat kembali meraih opini WTP," ujar Kustini.

Dengan adanya pemberian penghargaan WTP 10 kali berturut-turut yang diberikan oleh Kementerian Keuangan diharapkan ke depannya dapat lebih mendorong Pemkab Sleman. Dalam rangka meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan di pemerintahan.

Khususnya, penyusunan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD). Mulai dari LKPD transparan, akuntabel dan profesional untuk mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan yang baik atau good governance di Kabupaten Sleman. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement