Senin 25 Oct 2021 19:50 WIB

BTN Salurkan Kredit Korporasi capai Rp 2 Triliun

Ke depan BTN memperluas penyaluran kredit korporasi ke perusahaan yang prospektif

Rep: novita intan/ Red: Hiru Muhammad
 JAKARTA -- Seorang nasabah PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. sedang mengakses layanan mobile banking Bank BTN di Jakarta, Senin (19/7).
Foto: Dok. BTN
JAKARTA -- Seorang nasabah PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. sedang mengakses layanan mobile banking Bank BTN di Jakarta, Senin (19/7).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk menandatangani kerja sama fasilitas kredit korporasi dengan PT Bumi Serpong Damai Tbk senilai Rp 2 Triliun. Adapun fasilitas kredit yang diberikan memiliki tenor 84 bulan.  

Wakil Direktur Utama BTN Nixon mengatakan kerja sama yang dibangun dengan BSDE secara khusus akan memberikan manfaat bagi kedua belah pihak dalam bersinergi membangun sektor properti di tengah guncangan pandemi yang sudah berjalan dua tahun ini.

“Sebagai bank dengan fokus utama sektor perumahan, kami mendukung para stakeholder properti termasuk pengembang seperti BSDE tetap ekspansif selama pemulihan ekonomi berjalan dan kami optimistis dengan fasilitas kredit yang kami berikan, BSDE akan lebih ekspansif membangun proyek properti yang bermutu,” ujarnya dalam keterangan resmi, Senin (25/10).

Bumi Serpong Damai Tbk atau BSDE merupakan perusahaan terbuka yang tergabung dalam Sinarmas Grup dan telah memiliki pengalaman lebih dari 37 tahun bidang properti dengan aset, ekuitas, land bank, serta operating cashflow terbesar di Indonesia. Saat ini Sinarmas Group telah mendapatkan plafon kredit BTN sebesar Rp 3,5 triliun.“Kami merangkul seluruh pengembang di Indonesia, baik perumahan subsidi atau non subsidi untuk membangun ekosistem perumahan di Indonesia sesuai dengan visi BTN menjadi The Best Mortgage Bank in South East Asia pada 2025,” kata Nixon. 

Ke depan BTN memperluas penyaluran kredit tidak hanya segmen kredit konsumer tapi juga selektif mengucurkan kredit korporasi ke perusahaan yang prospektif dan relevan dengan bisnis utama BTN.

Berdasarkan catatan BTN, sepanjang Januari sampai September 2021 kredit korporasi yang telah disalurkan perseroan sebesar Rp 4,70 triliun. "Kredit korporasi telah kami salurkan ke beberapa segment dengan mayoritas infrastruktur, high rise building, landed house," ucapnya.

Pemberian kredit korporasi ini menunjukkan eksistensi BTN dalam  menjalankan fungsi intermediasi. "Kami menargetkan dapat mengalirkan kredit korporasi hingga akhir tahun ini sekitar Rp 11 triliun," kata Nixon.

BTN juga menandatangani perjanjian kerja sama layanan perbankan. Nixon berharap BTN dapat menjadi mitra Utama BSDE untuk menyediakan produk dan layanan perbankan yang lengkap dan komprehensif di antaranya BTN Solusi, KPR,  cash management dan sebagainya. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement