Wamenkes: Harga PCR Rp 300 Ribu Dinilai Masuk Akal

Selasa , 26 Oct 2021, 22:39 WIB Reporter :Dian Fath Risalah/ Redaktur : Agung Sasongko
Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono.
Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono.

IHRAM.CO.ID, x JAKARTA -- Harga tes PCR diturunkan menjadi Rp 300 ribu dinilai masih mungkin dan masuk akal.  "Setelah dihitung-hitung, kelihatannya angka Rp 300 ribu itu menjadi angka yang mungkin masuk akal dan riil untuk dilaksanakan, " kata Wakil Menteri Kesehatan, Dante Saksono Harbuwono di Gedung KPK Jakarta, Selasa (26/10).

 

Terkait

Saat ini pun, lanjut Dante, pihaknya sudah melakukan persiapan, antara lain dengan melakukan pemodelan untuk menyederhanakan harga reagen yang masuk. Menurutnya, hal itu yang terpenting karena merupakan komponen terbesar dari seluruh pembiayaan dalam tes PCR.

Baca Juga

"Jadi, melakukan penurunan pada harga reagen yang masuk itu menjadi model yang akan segera kami tindak lanjuti sehingga harga tes PCR menjadi di bawah atau menjadi Rp 300 ribu tersebut yang sekarang masih Rp 499 ribu, " terangnya.

Dante mengatakan, terjangkaunya harga tes PCR sangatlah penting untuk melakukan identifikasi Covid-19 . Diketahui, tes PCR memang lebih baik dari tes swab antigen. Sebab akurasi dalam mendeteksi Covid-19 lewat PCR lebih tinggi.

"Tentunya juga untuk mencegah terjadinya gelombang-gelombang berikutnya , yakni dengan melakukan testing yang tepat dan testing ini dapat dilakukan oleh masyarakat secara luas apabila harganya terjangkau, dan apa yang disampaikan oleh bapak Presiden kami tindak lanjuti secara teknis, " ujar Dante.