Kamis 28 Oct 2021 01:10 WIB

Australia Janjikan Tambahan Bantuan Bagi ASEAN

Australia berjanji sumbang vaksin Covid-19 dan bantuan keuangan.

Australia Janjikan Tambahan Bantuan Bagi ASEAN. Perdana Menteri Australia Scott Morrison.
Foto: EPA-EFE/LUKAS COCH NO ARCHIVING AUSTRALIA AND
Australia Janjikan Tambahan Bantuan Bagi ASEAN. Perdana Menteri Australia Scott Morrison.

IHRAM.CO.ID, CANBERRA -- Australia mengatakan akan menyumbangkan tambahan sedikitnya 10 juta dosis vaksin Covid-19 untuk Asia Tenggara, Rabu (27/10). Australia juga menawarkan bantuan keuangan sebesar 124 juta dolar Australia (sekitar Rp 1,3 triliun).

Penambahan sumbangan ditawarkan ketika Australia berupaya memperkuat hubungan dengan negara-negara kawasan tersebut. Ketika berbicara pada pertemuan puncak Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN), Perdana Menteri Australia Scott Morrison membahas proposal perjanjian strategis komprehensif dengan kesepuluh negara anggota ASEAN.

Baca Juga

"ASEAN berada di pusat Indo-Pasifik dan kami mendukung melalui kata-kata maupun langkah nyata," kata Morrison kepada para pemimpin ASEAN.

Dorongan Australia itu, untuk menuju hubungan yang lebih kuat dengan ASEAN, muncul di tengah kekhawatiran meningkat soal pergerakan dan pengaruh China di kawasan Asia-Pasifik. Morrison mengatakan kemitraan strategis yang komprehensif kemungkinan bisa hanya menjadi nama.

 

Dia mendorong ASEAN mempertimbangkan secara positif proposal tersebut, yang ditujukan untuk meningkatkan hubungan. "Kami akan mendukungnya dengan substansi yang membantu kemitraan kita menangani berbagai masalah sulit pada masa depan," kata Morrison.

Pada pertemuan puncak yang berlangsung secara virtual itu, Morrison menyoroti masalah-masalah seperti Covid-19, kejahatan transnasional, serta keamanan energi ketika menyampaikan tawaran 124 juta dolar Australia untuk mendanai penangan masalah.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement