Kamis 28 Oct 2021 11:16 WIB

Kolaborasi Seniman Kaligrafi Iran dan India Peringati Maulid

Festival Rahmatan Lil Alamin itu diadakan Kantor Kebudayaan Iran di New Delhi

Rep: Andrian Saputra/ Red: Esthi Maharani
Kaligrafi Nama Nabi Muhammad (ilustrasi)
Foto: smileyandwest.ning.com
Kaligrafi Nama Nabi Muhammad (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, NEW DELHI -- Sejumlah seniman kaligrafi dari Iran dan India berkolaborasi membuat karya seni kaligrafi ayat-ayat Alquran dan hadits Nabi Muhammad Saw. Seperti dilansir Iqna.ir pada Kamis (28/10), festival itu diselenggarakan dalam rangka memperingati maulid nabi Muhammad.

Festival bertajuk Rahmatan Lil Alamin itu diadakan Kantor Kebudayaan Iran di New Delhi, India. Ada sekitar 120 karya seni kaligrafi yang dipamerkan dalam acara tersebut.

Seniman kaligrafi dari Iran yakni Masoud Rabbani dan Ehsan Shokrollahi serta empat orang seniman kaligrafi ternama di India ambil bagian dalam menghasilkan karya seni menawan pada acara itu. Dalam pidatonya, Atase Kebudayaan Iran Mohammad Ali Rabbani mengungkapkan tentang Alquran dalam munculnya seni kaligrafi Islam.

Sementara itu Direktur Dewan Nasional untuk Promosi Bahasa Urdu yakni Syekh Aquil Ahmad juga turut hadir dalam acara itu. Ia mengatakan bahwa ada sebanyak  66 pusat pengajaran kaligrafi serta 90 pusat pengajaran bahasa Persia di seluruh India. Menurut syekh Aquil pusat-pusat itu juga telah berhasil menerjemahkan banyak literatur dari Persia ke Urdu selama tahun-tahun ini.  

 

Di akhir festival, para seniman kaligrafi Iran dan India meluncurkan lokakarya tentang seni mereka yang disambut baik oleh para peserta.  Lebih dari 50 mahasiswa kaligrafi dari pusat-pusat yang berafiliasi dengan Dewan Nasional untuk Promosi Bahasa Urdu juga berpartisipasi dalam festival tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement