Selasa 09 Nov 2021 06:31 WIB

 Tiga Kata Penting Alquran untuk Meningkatkan Ketaatan

Alquran menyebutkan tiga kata untuk mendorong manusia agar meningkatkan ketakwaan.

Rep: Alkhaledi Kurnialam / Red: Agung Sasongko
Alquran
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Alquran

IHRAM.CO.ID,KAIRO -- Anggota Dewan Tertinggi Urusan Islam, Sheikh Khalid Al-Jundi mengatakan bahwa Alquran menyebutkan tiga kata untuk mendorong manusia agar meningkatkan ketakwaan. Kata tersebut adalah "Laa Takhofu, wa Laatahzanu, wa absiru (janganlah kamu takut dan bersedih. 

Tiga kata ini terdapat di Surat Fussilat Ayat 30":

Baca Juga

إِنَّ الَّذِينَ قَالُوا رَبُّنَا اللَّهُ ثُمَّ اسْتَقَامُوا تَتَنَزَّلُ عَلَيْهِمُ الْمَلَائِكَةُ أَلَّا تَخَافُوا وَلَا تَحْزَنُوا وَأَبْشِرُوا بِالْجَنَّةِ الَّتِي كُنْتُمْ تُوعَدُونَ

Artinya: "Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan: "Tuhan kami ialah Allah" kemudian mereka meneguhkan pendirian mereka, maka malaikat akan turun kepada mereka dengan mengatakan: "Janganlah kamu takut dan janganlah merasa sedih; dan gembirakanlah mereka dengan jannah yang telah dijanjikan Allah kepadamu"

Dalam Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim dunia dan akhirat: Orang-orang yang berkata dengan jujur, “Tuhan kami hanyalah Allah, tiada sekutu bagi-Nya”, kemudian mereka senantiasa menjalankan kewajiban; maka malaikat akan turun kepada mereka saat ajal tiba dan saat di alam kubur untuk menyampdanaikan kabar gembira: “Janganlah kalian takut dari apa yang akan kalian hadapi,  janganlah kalian bersedih atas apa yang telah berlalu. Bergembiralah dengan surga yang telah Allah janjikan kepada kalian melalui lisan para rasul. Kami adalah para penolong kalian di nunia, dan kami bersama, ikalian di akhirat. Di dalam surga kalian akan mendapatkan segala kenikmatan yang kekal yang kalian inginkan dan kedudukan yang kalian minta; sebagai kemuliaan dan sambutan dari Tuhan Yang Maha Mengampuni dosa-dosa dan Maha Mengasihi kalian.”

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement