Selasa 09 Nov 2021 09:40 WIB

Jabal Ikmah, Banyak Harta Karun Tersembunyi di Bebatuannya

Jabal Ikmah di Arab Saudi, Banyak Harta Karun Tersembunyi di Bebatuannya.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Muhammad Hafil
Jabal Ikmah di Arab Saudi
Foto: Arab News
Jabal Ikmah di Arab Saudi

IHRAM.CO.ID,ALULA -- Jabal Ikmah memiliki julukan tersendiri dari penduduk lokal AlUla. Ia dikenal sebagai “perpustakaan terbuka”, mengingat banyak harta yang tersembunyi di antara formasi bebatuannya.

Jalur pembuka gunung terletak di kota kuno Dadan. Setelah pendakian singkat, sebuah hamparan terbuka seolah menyambut pengunjung.

Baca Juga

Dilansir di Arab News, Selasa (9/11), sepintas pemandangan itu mungkin tampak seperti jurang di antara pegunungan. Tetapi setelah diamati lebih lanjut, orang dapat melihat permukaan batu dipenuhi dengan prasasti.

Ada 450 prasasti dalam bahasa yang digunakan oleh penduduk setempat sebelum bahasa Arab. Kondisi ini menjadikannya sebagai situs yang menarik bagi para arkeolog dan sejarawan, utamanya yang mempelajari sejarah wilayah tersebut.

Prasasti-prasasti tersebut ditulis dalam beragam bahasa, termasuk Aram, Dadanitic, Thamudic, Minaic dan Nabatean.

Beberapa tulisan bahkan diperkirakan berasal dari milenium pertama SM. Banyak yang dianggap sebagai nama, sementara yang lain kemungkinan besar merupakan catatan tertulis tentang peristiwa dan keyakinan agama.

Tanda-tanda bentuk awal bahasa Arab juga dapat ditemukan di pegunungan ini. Lokasi termasuk sebagai bagian resmi dari tur AlUla, membiarkan pengunjung merasakan warisan lokal yang kaya.  

Sumber:

https://www.arabnews.com/node/1963511/saudi-arabia

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement