Muslim Inggris Luncurkan Kampanye Kesadaran Iklim

Selasa , 09 Nov 2021, 16:04 WIB Reporter :Kiki Sakinah/ Redaktur : Esthi Maharani
Perubahan iklim (Ilustrasi)
Perubahan iklim (Ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, LONDON -- Muslim di Inggris baru-baru ini memimpin sejumlah inisiatif untuk meningkatkan kesadaran tentang perubahan iklim, dengan meluncurkan kampanye untuk melestarikan lingkungan.

 

Terkait

Pada Ahad (7/11), anggota Islamic Relief UK bekerja sama dengan kelompok hiking Boots & Beards Scottish untuk memberi perhatian pada perlunya tindakan yang lebih besar dalam memerangi perubahan iklim.

Acara yang diluncurkan selama Konferensi Perubahan Iklim PBB (COP26) ini, termasuk berjalan kaki sejauh 8 kilometer di Whitelee Wind Farm, yaitu ladang angin darat terbesar di Eropa.

"Pagi ini, Islamic Relief bergabung dengan @BootsandBeards untuk berjalan-jalan ke Whitelee Wind Farm, ladang angin terbesar di Skotlandia,  menggerakkan hingga 300.000 rumah!" tulis Islamic Relief di Twitter, dilansir di laman About Islam, Selasa (9/11).

"Kami menyoroti pentingnya energi terbarukan, bagaimana mengurangi emisi kami & apa yang dapat kami lakukan untuk memerangi #ClimateChange," tambah pernyataan itu.

Dalam upaya lain, anggota dari badan amal Islam ini bergabung dengan ribuan orang dalam pawai Sabtu lalu untuk aksi iklim.

"Islamic Relief dan ribuan lainnya akan berbaris sebagai bagian dari Hari Aksi Global Koalisi #COP26 untuk Keadilan Iklim. Kami akan menyerukan aksi iklim yang lebih besar," tulis Islamic Relief.

Selama akhir pekan, Masjid Pusat Glasgow juga menerapkan teknik solarisasi guna mengurangi emisinya. Inisiatif, yang didanai oleh organisasi bantuan Islamic Relief, ini akan memasang 130 panel surya dengan tujuan mengurangi sekitar 18.000 kg emisi CO2 per tahun.

Langkah ini didorong oleh alasan menjaga kelestarian lingkungan yang sangat penting dalam Islam. Sebab dalam perspektif Islam, melestarikan lingkungan didasarkan pada menghormati hubungan antara diri sendiri, Allah, dan ciptaan Allah.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini