Kawasan Industri Halal Potensial Dongkrak Industri Halal?

Rabu , 10 Nov 2021, 19:21 WIB Reporter :Oleh: Fauziah Mursyid, Iit Septyaningsih/ Redaktur : Agung Sasongko
Kawasan industri halal. Ilustrasi
Kawasan industri halal. Ilustrasi

IHRAM.CO.ID, Oleh: Fauziah Mursyid, Iit Septyaningsih

 

Terkait

JAKARTA--  Pembangunan KIH merupakan salah satu fokus dari pengembangan ekonomi dan keuangan syariah, yakni dengan memperbanyak KIH. Hal itu diungkap Wakil Presiden Ma'ruf Amin saat melakukan audiensi dengan Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani di Kediaman Resmi Wapres, Jakarta, Selasa sore (09/11).

Baca Juga

Pada kesempatan itu, Wapres mendukung rencana Pemerintah Kabupaten Gresik yang hendak membangun Kawasan Industri Halal (KIH) di wilayah tersebut. Menurut Wapres, kehadiran KIH di Gresik ini juga perlu dikembangkan.

Untuk itu, Wapres meminta Bupati Gresik untuk segera berkoordinasi dengan Gubernur Jawa Timur guna melengkapi segala persyaratan administratifnya. "Yang penting saya kira koordinasi dengan Gubernur, dan kalau sudah memenuhi syarat (lanjut) ke Kementerian Perindustrian untuk memperoleh legalitasnya," kata Wapres.

photo

Strategi Akselerasi Pengembangan Kawasan Industri Halal - (ANTARA/Republika.co.id)

Wapres menyebutkan, saat ini sudah ada tiga KIH yang telah memperoleh penetapan dari Kementerian Perindustrian yaitu Safe n Lock Halal Industrial Park di Sidoarjo, Modern Cikande Industrial Estate di Serang-Banten, dan Bintan Inti Halal Hub di Kabupaten Bintan.

"Saya dengar sedang proses juga dua KIH di NTB. Mungkin juga Riau dan Batam sedang dipersiapkan," katanya.