Kamis 11 Nov 2021 09:45 WIB

Ini Pengelola Pulau Kamaran untuk Karantina Haji Masa Lalu

Siapa Pengelola Pulah Kamran Sebagai Tempat Karantina Jamaah Haji 

Rep: Ali Yusuf/ Red: Muhammad Hafil
Ini Pengelola Pulau Kamaran untuk Karantina Haji Masa Lalu. Foto:  Kapal yang membawa jamaah haji berangkat ke Makkah pada tempo dulu.
Foto: wikipedia
Ini Pengelola Pulau Kamaran untuk Karantina Haji Masa Lalu. Foto: Kapal yang membawa jamaah haji berangkat ke Makkah pada tempo dulu.

IHRAM.CO.ID,JAKARTA--Pulau Kamaran yang tidak jauh dari pantai Yaman, Laut Merah ditetapkan tempat karantina jamaah haji yang terjangkit virus kolera. Penetapan ini merupakan hasil konferensi tahun 1894.

Pertanyaan siapa yang menguasai Kamaran itu? M Imran S Hamdani dalam bukunya Ibadah Haji di Tengah Pandemi Covid-19 Penyelenggaraan Berbasis Resiko, mengatakan, saat terjadi wabah kolera, Pulau Kamaran dikuasai oleh Inggris.

Baca Juga

"Di mana sebelumnya dikuasai oleh Turki yang akhirnya hengkang dari sana setelah kalah dalam Perang Dunia 1," katanya.

Kapal-kapal pengangkut jamaah haji dari berbagai negara bersandar di dermaga Kamaran tidak lagi terlihat seperti Stasiun sanitasi semata. Akan tetapi saat itu Kamaran telah menjadi perdebatan politik ekonomi dan penyakit (kesehatan).

 

"Pada masa itu realitas haji tidak pernah lepas dari tiga hal tersebut," katanya.

Imran mengatakan memang siapa pengelola pelabuhan tersebut, siapa yang paling berhak mengelola iuran jamaah dan kapal-kapal yang berlabuh di sana, siapa yang bertanggung jawab dalam dalam perawatan jamaah haji selama karantina.

"Semua diperdebatkan," katanya.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement