Kamis 11 Nov 2021 16:50 WIB

Embracing Jakarta Muslim Fashion Week Fokus Keberagaman RI

Fesyen muslim Indonesia berpotensi untuk dapat bersaing di pasar global

Model memeragakan busana Muslim dalam Jakarta Fashion Week / Ilustrasi
Foto: Antara
Model memeragakan busana Muslim dalam Jakarta Fashion Week / Ilustrasi

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua Komite Promosi Fesyen Muslim Nasional Anne Patricia Sutanto mengatakan gelaran Embracing Jakarta Muslim Fashion Week (JMFW) ingin memfokuskan keberagaman Indonesia lewat balutan busana muslim

"Yang kami embrace adalah nilai kebhinekaan. Tiap negara yang memakai muslim wear ada keunikan sendiri-sendiri, namun, Indonesia dengan segala kemajukan kita, bisa embrace karena tradisinya adalah majemuk dan plural. Lewat inisiatif ini kita merasa dan mau nilai kebhinekakan itu hadir, karena kita adalah negara yang begitu beragam," kata Anne dalam jumpa pers daring, Kamis (11/11).

Anne menambahkan fesyen muslim Indonesia berpotensi untuk dapat bersaing di pasar global, antara lain karena Indonesia memiliki beragam desain dengan ciri khas budaya yang menampilkan wastra Indonesia, seperti batik, tenun, bordir, dan aksesoris (perhiasan). Industri lainnya yang mendukung fesyen muslim Indonesia adalah kosmetik dan kecantikan halal.

Lebih lanjut, Embracing JMFW ini adalah kolaborasi antara Kementerian Perdagangan RI dan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) pada 18 November 2021 di Aquatic Gelora Bung Karno, Jakarta. JMFW diagendakan menjadi program tahunan Kemendag dan Kadin yang bertujuan membesarkan usaha berorientasi domestik dan ekspor dan JMFW diharapkan menjadi pagelaran fesyen muslim terbesar di dunia.

"Jakarta Muslim Fashion Week akan jadi program annual Kemendag dan KADIN. Tujuannya membesarkan sektor-sektor usaha berorientasi domestik dan ekspor, sehingga ke depannya dapat jadi muslim fashion event terbesar di dunia," kata Anne.

Ia menambahkan, pihaknya siap mendukung akselerasi dunia usaha serta membangun kekompakan ekosistem dari hulu ke hilir dalam inisiasi JMFW sebagai pusat fesyen muslim dunia. Rangkaian acara Embracing JMFW 2021 antara lain fashion show yang menampilkan 36 jenama fesyen muslim dan diskusi perkembangan fesyen mode di Indonesia.

Selain itu, Embracing JMFW 2021 ini merupakan langkah awal untuk memperkenalkan Jakarta Muslim Fashion Week yang akan diluncurkan tahun depan sebagai salah satu rangkaian dari Trade Expo Indonesia ke-37.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement