Kamis 11 Nov 2021 22:41 WIB

Mendag Harap Fashion Muslim Jadi Pilar Ekonomi 

Pertumbuhan industri fashion muslim di Indonesia terbaik kedua di dunia.

Mendag Harap Fashion Muslim Jadi Pilar Ekonomi 
Foto: ANTARA/M Risyal Hidayat
Mendag Harap Fashion Muslim Jadi Pilar Ekonomi 

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi berharap industri fashion khususnya di sektor fashion Muslim dapat menjadi salah satu pilar ekonomi Indonesia di masa depan.

"Kita ingin tangkap kekuatan pasar domestik Indonesia, khususnya untuk pasar fashion  Muslim ini bisa kita jadikan salah satu kekuatan pilar ekonomi kita ke depannya," kata Lutfi dalam jumpa pers daring, Kamis (11/11).

Baca Juga

Menteri Lutfi memaparkan data dari The State Global Islamic Ecomony Report 2020/2021 melaporkan konsumsi fashion Muslim Indonesia sendiri pada 2019 adalah senilai 16 miliar dolar AS.Nilai ini menjadikan Indonesia duduk di lima besar negara-negara di dunia setelah Iran (53 dolar AS), Turki (28 miliar dolar AS), Saudi Arabia (21 miliar dolar AS), dan Pakistan (20 miliar dolar AS).

Menurut The State of Global Islamic Economic, pertumbuhan industri fashion muslim di Indonesia yang terbaik ke-2 di dunia, dengan konsumsi mencapai 21 miliar dolar AS dan pertumbuhan rata-rata 18,2 persen per tahun. Selain itu, nilai ekspor produk halal Indonesia baru mencapai 6 miliar dolar AS atau peringkat ke-21 dunia.

Sementara ekspor fashion Muslim diperkirakan 4,1 miliar dolar AS atau peringkat ke-13 dunia.Global Religious Futures menyebutkan Indonesia merupakan salah satu negara dengan penduduk Muslim terbesar atau mencapai 13 persen dari populasi Muslim dunia. Lutfi mengatakan, Indonesia memiliki potensi yang sangat besar baik menjadi pemain utama di negeri sendiri maupun secara skala internasional untuk sektor fashion Muslim.

"Kekuatan pasar kita ini mestinya bisa menciptakan industri yang bagus dan ekspor (tinggi). Dalam lima tahun ke depan, seharusnya bisa didobelkan jumlah tersebut dan ekspor kita bisa meningkat. Ini merupakan parameter kekuatan pasar yang kita kerjakan bersama-sama," kata dia.

"Pasarnya sudah besar, orang memakai fashion Muslim itu sudah menjadi yang utama di Indonesia sebagai negara mayoritas Muslim terbesar, namun, mungkin belum terorganisir dengan baik. Semua sektor, aspek industri dan produksi ini dipadukan dengan demand side-nya juga," imbuhnya.

Adapun Kemendag, menurut Lutfi, berperan untuk mengumpulkan konsumen (buyer) dan penyedia (supplier) yang mencakup desainer, fabrik, garmen, kosmetik, dan perhiasan, untuk memicu pergerakan rantai industri fashion Muslim. Selain itu, kementerian juga aktif menggandeng pelaku usaha, akademisi, desainer, untuk berkolaborasi bersama guna menciptakan kekuatan pasar fashion Muslim Indonesia."Ini adalah combined effort untuk memajukan Indonesia. Kolaborasi ini bukan hanya dari desainer dan industri, tapi kami di Kemendag juga ingin menjadi agitator agar Indonesia dapat menjadi sentral fashion Muslim, dan kita tidak bisa bekerja sendiri," ujarnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement