Militer AS Dilaporkan Tutupi Laporan Dua Serangan Di Baghuz

Ahad , 14 Nov 2021, 16:06 WIB Redaktur : Agung Sasongko
Pasukan militer AS di Suriah
Pasukan militer AS di Suriah

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Militer Amerika Serikat dilaporkan menutupi dua serangan udara di Suriah pada 2019 yang menewaskan hingga 64 perempuan dan anak-anak dalam perang melawan ISIS.

 

Terkait

New York Times melaporkan kedua serangan udara itu dilakukan berturut-turut di dekat kota Baghuz atas perintah unit operasi khusus rahasia yang bertugas di Suriah, menurut surat kabar itu.

Baca Juga

Menurut NYT, Komando Pusat AS yang mengawasi operasi udara AS di Suriah, mengakui serangan itu untuk pertama kali pekan ini dan membenarkannya. Dalam pernyataan pada Sabtu (13/11), Komando Pusat mengulangi informasi yang diberikan kepada NYT bahwa 80 orang tewas dalam kedua serangan itu termasuk 16 petempur ISIS dan empat warga sipil.

Komando mengatakan tidak jelas apakah 60 korban lainnya merupakan warga sipil, karena perempuan dan anak-anak bisa saja menjadi petempur. Dalam pernyataan itu, militer mengatakan serangan tersebut merupakan "upaya membela diri yang sah", proporsional dan bahwa "langkah-langkah yang tepat diambil untuk mengesampingkan keberadaan warga sipil".

"Kami membenci hilangnya nyawa manusia yang tidak bersalah dan mengambil semua tindakan yang mungkin untuk mencegahnya. Dalam kasus ini, kami melaporkan sendiri dan menyelidiki serangan tersebut berdasarkan bukti yang kami miliki dan bertanggung jawab penuh atas hilangnya nyawa secara tidak sengaja," kata Komando Pusat.