Selasa 23 Nov 2021 05:25 WIB

Pejuang Arab yang Terlupakan dalam Perang Saudara Spanyol

Orang Arab dalam Perang Saudara Spanyol adalah fakta yang diakui secara luas

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Esthi Maharani
Bendera Spanyol
Bendera Spanyol

IHRAM.CO.ID, MADRID -- Hampir 85 tahun yang lalu, nasib ibu kota Spanyol, Madrid, dipertaruhkan ketika pasukan pemberontak Nasionalis memulai serangan kepada kubu Republik. Namun yang tidak disadari orang banyak adalah kehadiran orang-orang Arab dalam konflik tersebut.

Dilansir dari Middle East Eye, kehadiran orang Arab dalam Perang Saudara Spanyol adalah fakta yang diakui secara luas dalam buku-buku sejarah. Tapi yang kurang diketahui adalah peran yang dimainkan oleh orang-orang Arab dalam perjuangan Republik.

Karena dokumentasi yang terbatas dan kurangnya pengawasan sejarah, sedikit yang diketahui tentang orang-orang Arab yang mengangkat senjata untuk membela Spanyol dan melindunginya dari cengkeraman fasisme.  Akibatnya banyak nama relawan Arab tetap tidak diketahui. Menentukan jumlah pasti mereka juga merupakan tugas yang sulit, dengan beberapa sejarawan mengklaim hingga 1.000 orang Arab bergabung dengan Brigade Internasional.

Namun, sejarawan Catalan Andreu Castells, yang telah melakukan penelitian ekstensif tentang topik ini, menemukan 716 kasus yang tercatat. Kesenjangan dalam angka-angka tersebut adalah akibat dari pencatatan yang tidak teratur di antara pasukan Republik, kesalahan terjemahan dan kebingungan karena kewarganegaraan kolonial.

Banyak orang Arab yang secara sukarela terdaftar sebagai warga negara Prancis, karena banyak negara Afrika Utara masih berada di bawah kekuasaan kolonial ketika Perang Saudara Spanyol pecah.  Selain itu, nama Arab biasanya salah eja dan karena itu didaftarkan beberapa kali.

Kira-kira setengah dari orang Arab yang menjadi sukarelawan di Spanyol adalah orang Aljazair, dengan 493 bergabung dengan pasukan Republik, 332 di antaranya selamat.

“Ada gerakan anarkis yang cukup kuat di Aljazair pada saat itu, yang memotivasi banyak orang untuk bergabung, tetapi praktis lebih mudah bagi mereka untuk mencapai Spanyol karena ada kapal langsung dari Oran ke Alicante,” kata pembuat film Mesir Amal Ramsis, yang menyutradarai You  Come From Far Away, sebuah film dokumenter tentang kehadiran Arab dalam Perang Saudara Spanyol.

Menurut angka Castells dan Arsip Sejarah Sosial-Politik Negara Rusia, 211 orang Maroko, 11 orang Suriah, empat orang Palestina, tiga orang Mesir, dua orang Irak dan satu orang Lebanon juga mengangkat senjata untuk Brigade Internasional.

Motivasi di balik partisipasi Arab dalam Perang Saudara Spanyol bervariasi, meskipun Ramsis percaya bahwa mereka didorong oleh cita-cita pembebasan masa depan mereka sendiri.

“Relawan Arab tidak hanya mendaftar karena solidaritas dengan Spanyol, tetapi juga untuk mempertahankan masa depan mereka sendiri. Bagi mereka, kemenangan Partai Republik di Spanyol akan berarti dekolonisasi dunia Arab dalam jangka panjang, itu akan menjadi awal pembebasan mereka,” katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement