Senin 22 Nov 2021 20:27 WIB

Literasi Menulis ala Rieka Roslan

Saya berharap pendengar musik itu juga menghargai para penulis lagu

Rieka Roslan
Foto: istimewa
Rieka Roslan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Semangat Rieka Roslan langsung menguar ketika berbicara soal musik. Tapi ketertarikannya jauh lebih besar lagi ketika membahas peran penulis lagu yang kurang mendapat perhatian penikmat musik Tanah Air. Ia pun sadar masih rendahnya literasi menulis dan membaca masyarakat menjadi tantangan untuk terus memberikan edukasi tanpa lelah.

“Saya tidak hanya ingin membuat orang happy lewat lagu tapi sangat ingin mendorong orang lain itu juga tahu cerita di balik lagu. Itu semua ada di sosok penulis lagu. Saya juga berharap pendengar musik itu juga menghargai para penulis ini,” kata Rieka saat berbincang santai kepada wartawan di Jakarta, Senin (22/11).

Pamor Rieka melambung setelah ia menjadi vokalis grup band The Groove pada pertengahan 1997. Namun, ikhtiarnya dalam menekuni karier sebagai musisi sudah dirintis beberapa tahun sebelumnya. Tepatnya, ketika ia masih menjadi pelajar di SMA 2 Bandung, Jawa Barat.

Lagu perdana yang ditulisnya berjudul Khayalan. Lagu beraroma nge-dance itu mengerek popularitasnya bersama The Groove. Menyambut 32 tahun dari usia lagu Khayalan ini, Rieka berniat untuk melantunkannya secara ulang sebagai penanda comeback dirinya sebagai solois sekaligus penulis lagu. Namun dia juga menegaskan identitas sebagai solois ini bukan menjadi bentuk kompetisinya kepada The Groove.

“Saya ini sudah lama tertidur,” katanya memberi perumpaan usai memutuskan diri menepi dari industri musik sekitar satu dekade silam.

“Single Khayalan ini dipilih karena lagu ini menjadi perjuangan saya di awal karier menjadi musisi. Melalui lagu ini juga saya ingin orang lain mengetahui bahwa seorang Rieka Roslan itu juga bisa menulis lagu,” lanjutnya.

Rieka mengaku sudah ada sekitar 80-90 lagu yang ditulis. Lagu-lagu itu tidak Hanya ditulis buat The Groove maupun dirinya sendiri. Tapi nama-nama besar seperti Iwan Fals, Krisdayanti, Sheila Madjid, Glen Fredly, Shanti, pernah juga melantunkan lagu yang ditulis oleh Rieka.

Lalu, untuk melengkapi perjalanan kembalinya Rieka ke industri musik nasional, ia telah menyiapkan sekitar 6-8 lagu. Kumpulan lagu itu bakal disiapkan untuk menjadi album dengan judul The Story of My Life. Lagu-lagu itu nantinya  dikemas ke dalam bentuk piringan hitam.

Rieka juga mengatakan untuk lagu Khayalan ini telah dibuat klip video musiknya dengan menggandeng sutradara muda Angga Saleh. Di video musik tersebut, Rieka mengajak anak-anak didiknya dalam bernyanyi seperti  Amanda Caesa, Kiki Coboy Junior, Nadila Wantari dan Rona Anggraeni yang menjadi member dari JKT48, hingga Raditio Permadi dan Beyon Destiano yang dikenal sebagai pemain drama musikal.

Rieka berharap keterlibatan generasi muda di dalam video musik Khayalan dimaksudkan agar tercipta regenerasi yang baik di industri musik Indonesia.

“Sebagai pencipta lagu saya memiliki kegelisahan. Untuk itu saya ingin mengedukasi generasi muda agar mereka dapat lebih menghargai pencipta lagu dengan berusaha mencari tahu siapa pencipta dari lagu-lagu yang mereka dengarkan. Inilah bentuk edukasi saya dalam mendorong meningkatnya literasi menulis di negeri ini,” kata penyanyi berdarah Sukabumi, Jawa Barat.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement