Jalan Hubungkan Dua Komplek Kuil Kuno Mesir Kembali Dibuka

Sabtu , 27 Nov 2021, 06:13 WIB Reporter :Dwina Agustin/ Redaktur : Esthi Maharani
Salah satu kuil di Luxor, Mesir (Ilustrasi)
Salah satu kuil di Luxor, Mesir (Ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, LUXOR -- Sebuah jalan yang dipugar yang menghubungkan dua kompleks kuil Mesir kuno di Karnak dan Luxor diresmikan pada Kamis (25/11). Peresmian ini dilakukan dalam upacara mewah bertujuan untuk meningkatkan profil salah satu tempat wisata utama Mesir.

 

Terkait

Prosesi untuk membuka kembali jalan sepanjang 2,7 km  ini termasuk peragaan ulang festival Opet kuno. Festival itu dilakukan dengan patung-patung dewa Theban diarak setiap tahun selama era Kerajaan Baru untuk merayakan kesuburan dan banjir Sungai Nil.

Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi berbaris di sepanjang jalan pada awal upacara. Kereta Firaun dan lebih dari 400 orang muda mengenakan kostum Firaun berparade di sepanjang jalan.

Jalan berusia 3.400 tahun yang menghubungkan pusat kuno Karnak dan Luxor atau dikenal sebagai Jalan Rams atau Jalan Sphinx. Sepanjang jalan dipagari oleh ratusan sphinx berkepala manusia, meskipun selama bertahun-tahun banyak yang telah terkikis atau hancur.

Jalan tersebut telah mengalami beberapa kali upaya pemugaran sejak ditemukan pada 1949. Pemugaran terakhir dimulai pada 2017.

Pariwisata adalah sumber pekerjaan dan mata uang yang penting bagi Mesir, yang telah melakukan upaya bersama untuk menarik kembali para wisatawan yang dijauhkan oleh pandemi virus korona.  Pendapatan pariwisata Mesir anjlok menjadi sekitar 4 miliar dolar AS pada 2020, turun dari 13 miliar dolar AS pada 2019.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini

 

 

BERITA TERKAIT