Sabtu 27 Nov 2021 08:42 WIB

Tentang Anak Siap Jadi Ekosistem Parenting Terbesar

Para pakar terpercaya di bidang masing-masing menjadi andalan Tentang Anak.

Webinar bertema 1st Anniversary Tentang Anak atau #TentangAnakNomor1.
Foto: Dok. Web
Webinar bertema 1st Anniversary Tentang Anak atau #TentangAnakNomor1.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tentang Anak sudah setahun hadir mendampingi para orang tua sebagai ekosistem parenting dan tumbuh kembang anak terlengkap dan terpercaya di Indonesia. Tentang Anak didirikan oleh pasangan suami istri, dr. Mesty Ariotedjo Sp.A seorang dokter spesialis anak lulusan Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health dan Garri Juanda, lulusan Harvard Business School yang sebelumnya sudah berpengalaman lebih dari 10 tahun di dunia teknologi seperti Rakuten dan Tokopedia. 

Keduanya juga menggandeng para pakar terpercaya di bidang masing-masing untuk membantu pertumbuhan ekosistem Tentang Anak seperti Grace Eugenia Sameve, M.A,M.Psi seorang psikolog lulusan terbaik Columbia University, dan Gianti Amanda S.Psi, Montessori. Dipl yang dikenal sebagai seorang praktisi anak usia dini yang membantu mengelola sekolah Amanda dan Bandung Montessori sejak 20 tahun lalu.

Baca Juga

Menurut data dari Kementerian Kesehatan, Indonesia memiliki populasi anak sebanyak 85,6 juta hingga saat ini. Namun, data menunjukkan lebih dari 30% anak Indonesia tidak tumbuh sesuai potensi optimalnya. Satu dari tiga balita Indonesia mengalami stunting.  Inilah yang menjadi awal dari didirikannya Tentang Anak.

Mesty Ariotedjo, Co-founder dan CEO Tentang Anak mengatakan, meskipun memiliki pengalaman sebagai dokter anak, ia dan pasangan juga merasakan sulitnya momen pertama sebagai orang tua dalam mengasuh anak. Hal tersebut menginspirasi pihaknya untuk membentuk sebuah ekosistem yang dapat membantu jutaan orang tua di Indonesia menjalani peran mereka dengan lebih baik.

"Sejak diluncurkan pada November 2020 silam, respon para orang tua terhadap ekosistem Tentang Anak sangat luar biasa, terbukti dari berbagai jangkauan dan pencapaian yang telah diraih selama satu tahun ini," kata dia di Jakarta, Sabtu (27/11).

Ia menjelaskan, Tentang Anak berhasil menjangkau setengah juta pengguna antar platform media sosial termasuk menjadi akun parenting dengan followers terbanyak di Tiktok dengan jumlah like 1,1 juta dan telah ditonton sebanyak 2,5 juta kali setiap bulannya. 

Selain itu, iata dia Tentang Anak juga menjadi akun Instagram parenting dengan pertumbuhan followers tiga kali lebih cepat dan dua kali lebih tinggi dalam engagement rate (interaksi) dari akun lainnya.

"Tentang Anak juga memiliki kekuatan konten materi edukasi parenting yang luas dan diminati oleh para orang tua, sehingga membawa platform Youtube-nya ditonton sebanyak sembilan juta menit," kata dia.

Ia menjelaskan, di luar kesuksesannya dalam membangun ekosistem di berbagai platform media sosial, Tentang Anak juga telah menerbitkan menerbitkan tujuh buku cerita anak dengan total produk yang terjual lebih dari 12 riby buku dan dinobatkan sebagai #1 Buku Anak Terlaris di platform E-Commerce

Kesuksesan tersebut mendorong Tentang Anak bersama mitra untuk membagikan lebih dari 1.000 buku cerita anak ke 28 panti asuhan, 18 posyandu/ puskesmas kecamatan, 5 PAUD, 3 rumah sakit nasional di Jabodetabek.

Ia menambahkan, Tentang Anak juga berkolaborasi bersama banyak pihak diantaranya Kementerian Kesehatan, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dan Pemerintah Daerah dalam mengedukasi masyarakat melalui webinar atau media sosial dengan total lebih dari tujuh ribu peserta bergabung, kolaborasi ini diharapkan dapat menjadikan Tentang Anak sebuah ekosistem yang sustainable dan scalable.

Memperingati ulang tahun pertama, Tentang Anak mengadakan webinar dengan tema Diversity, Equity, & Inclusive atau keberagaman (bahwa setiap anak istimewa dengan segala keunikannya), setara (ayah dan bunda memiliki peran setara dalam mengasuh si kecil), dan inklusif (setiap orang tua di seluruh wilayah Indonesia berhak akan akses terhadap edukasi dan kebutuhan pengasuhan anak terbaik!). Dalam perayaan 1st Anniversary Tentang Anak atau #TentangAnakNomor1 didukung oleh KALBE Nutritionals, PURE Groups (Purebb, Purekids dan Puremom), Prodia Children Health Centre, dan Wardah sebagai pencapaian di awal perjalanan dalam memastikan perkembangan si Kecil, mulai dari nutrisi hingga stimulasi optimal sejak dini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement