Mahasiswa UIN Pamerkan Sabun Anti-Bakteri Air Liur Anjing

Sabtu , 27 Nov 2021, 19:24 WIB Redaktur : Agung Sasongko
Tampak kampus UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Tampak kampus UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta memamerkan formulasi sabun cair yang dapat menetralisasibakteri dari air liur anjing."Ini bagus dan bermanfaat, terutama bagi Muslim yang berisiko kontak dengan anjing," kata Mahasiswa jurusan Kimia Fakultas Saintek UIN Yogya, Alvina Lutviyani dalam gerai pameran Olimpiade Agama, Sains, dan Riset (OASE) di UIN Ar Raniry, Banda Aceh, Sabtu (27/11).

 

Terkait

Ia mengemukakan minyak jelantah menjadi bahan baku sabun melalui proses saponifikasi. Dalam sabun tersebut ditambahkan tanah lempung Kaolin.Dipaparkannya bahwadalam air liur anjing terdapat setidaknya 10 macam bakteri berbahaya, terutama dua bakteri utama yaitu staphylococcus aureus, dan enterococcus faecalis.

Baca Juga

Dua bakteri ini dapat menyebabkan berbagai infeksi berbahaya.Sabun itu adalah karya tiga mahasiswa jurusan Kimia Fakultas Sains dan Teknologi UIN Yogya, yaitu Alvina Lutviyani (20), Aji Bayu Saputro (22), dan Jihan Rahmi Nabila (22).Mereka telah melakuan penelitian selama enam bulan, didampingi dosen pembimbing Imelda Fajriati, dan senior pendamping Ria Puspitaningrum.

Setelah serangkaian penelitian, hasilnya diuji klinis di tujuh laboratorium independen, di antaranya Laboratorium Kimia Analitik Universitas Gadjah Mada. Hasilnya, sabun berbahan organik ini efektif melumpuhkan bakteri air liur anjing, tanpa efek samping.

"Ke depan bahan ini dapat dipakai, terutama oleh industri makanan-minuman yang memiliki fasilitas produksi dengan risiko terpapar najis dari air liur anjing," kata Alvina.