Senin 29 Nov 2021 22:45 WIB

Manusia Diuji Oleh Karunia Dari Allah

Allah SWT telah memberikan karunia kepada semua manusia.

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Agung Sasongko
Rezeki/Ilustrasi
Foto: wordpress.com
Rezeki/Ilustrasi

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Allah SWT telah memberikan karunia kepada semua manusia, di antara mereka ada yang diberi kelebihan harta, kekuasaan, kepintaran dan fisik yang rupawan. Ada juga yang kekurangan harta, tidak punya kekuasaan dan lain sebagainya, semua karunia itu untuk menguji manusia. Hal ini dijelaskan dalam Surah Al-An'am Ayat 165 atau ayat terakhir.

وَهُوَ الَّذِيْ جَعَلَكُمْ خَلٰۤىِٕفَ الْاَرْضِ وَرَفَعَ بَعْضَكُمْ فَوْقَ بَعْضٍ دَرَجٰتٍ لِّيَبْلُوَكُمْ فِيْ مَآ اٰتٰىكُمْۗ اِنَّ رَبَّكَ سَرِيْعُ الْعِقَابِۖ وَاِنَّهٗ لَغَفُوْرٌ رَّحِيْمٌ ࣖ

Baca Juga

Dan Dialah yang menjadikan kamu sebagai khalifah-khalifah di bumi dan Dia mengangkat (derajat) sebagian kamu di atas yang lain, untuk mengujimu atas (karunia) yang diberikan-Nya kepadamu. Sesungguhnya Tuhanmu sangat cepat memberi hukuman dan sungguh, Dia Maha Pengampun, Maha Penyayang. (QS Al-An'am: 165).

Pada akhir surah ini dijelaskan bahwa hidup adalah cobaan dari Allah. "Dan Dialah yang menjadikan kamu sebagai khalifah-khalifah di bumi," setiap generasi digantikan oleh generasi berikutnya sampai hari kiamat, untuk meramaikan bumi di atas dasar nilai-nilai Ilahi.

"Dan Dia mengangkat derajat sebagian kamu di atas yang lain," ada yang kaya, miskin, lemah, kuat, sehat, sakit, dan sebagainya untuk menguji kesyukuranmu atas karunia yang diberikan-Nya kepadamu.

Sesungguhnya Tuhanmu sangat cepat memberi hukuman bagi mereka yang durhaka dan sungguh, Dia Maha Pengampun bagi yang taat dan bertobat dari dosa-dosanya, Maha Penyayang kepada makhluk-Nya.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement