Ketika Timbangan Amal Baik Jadi Ringan di Akhirat

Rabu , 01 Dec 2021, 03:10 WIB Reporter :Fuji Eka Permana/ Redaktur : Agung Sasongko
Alquran
Alquran

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Tafsir Surah Al-A'raf Ayat 9 menerangkan penyebab seseorang timbangan amal baiknya menjadi ringan. Salah satu sebabnya karena orang tersebut mengingkari ayat-ayat Alquran.

 

Terkait

وَمَنْ خَفَّتْ مَوَازِيْنُهٗ فَاُولٰۤىِٕكَ الَّذِيْنَ خَسِرُوْٓا اَنْفُسَهُمْ بِمَا كَانُوْا بِاٰيٰتِنَا يَظْلِمُوْنَ

Baca Juga

 

Dan barangsiapa ringan timbangan (kebaikan)nya, maka mereka itulah orang yang telah merugikan dirinya sendiri, karena mereka mengingkari ayat-ayat Kami. (QS Al-A'raf: 9).

Dalam penjelasan Tafsir Kementerian Agama ayat ini menerangkan, barang siapa yang ringan timbangan amalnya, karena keingkarannya dan imannya lemah. Sehingga ia banyak melakukan pelanggaran agama, ibadah ditinggalkan, dan amal-amal kebaikan disia-siakan.

Sementara yang digemarinya adalah larangan-larangan agama, seperti banyak menipu, menyakiti hati sesama manusia, memusuhi tetangganya, menyia-nyiakan anak yatim, membiarkan orang-orang sekelilingnya lapar dan menderita, asal dia kenyang dan senang. Manusia yang seperti ini akan merugi di akhirat nanti, dan akan dimasukkan ke dalam api neraka yang membara.

Seperti firman Allah, "Dan adapun orang yang ringan timbangan (kebaikan)nya, maka tempat kembalinya adalah neraka Hawiyah. Dan tahukah kamu apakah neraka Hawiyah itu? (Yaitu) api yang sangat panas." (QS Al-Qari'ah: 8-11).

 

 

 
 

 

BERITA TERKAIT