Muslim Kanada Buat Platform Pendidikan Perangi Islamofobia

Kamis , 02 Dec 2021, 05:15 WIB Reporter :Kiki Sakinah/ Redaktur : Esthi Maharani
Asosiasi Muslim Kanada meluncurkan platform pendidikan baru untuk memerangi Islamofobia
Asosiasi Muslim Kanada meluncurkan platform pendidikan baru untuk memerangi Islamofobia

IHRAM.CO.ID, TORONTO -- Asosiasi Muslim Kanada meluncurkan platform pendidikan baru untuk memerangi Islamofobia dalam sistem pendidikan publik dan guna memastikan ruang kelas bebas dari diskriminasi.

 

Terkait

Platform yang dinamakan Platform Kesadaran Islam akan diresmikan pada 2 Desember 2021. Platform yang kaya akan konten untuk sekolah-sekolah di seluruh provinsi Ontario itu adalah hasil dari upaya Asosiasi Muslim Kanada (MAC) selama empat bulan bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan Ontario.

Baca Juga

Kementerian tersebut memberikan MAC hibah senilai 225.000 dolar pada Juni 2021. Menteri Pendidikan Stephen Lecce mengumumkan bahwa MAC akan merancang dan menyebarkan platform dengan konten dan sumber daya untuk pendidik, siswa, dan orang tua.

Leece dan Kaleed Rasheed, Associate Minister of Digital Government, mengumumkan bahwa dalam kerja sama dengan mitra masyarakat, pendanaan akan diberikan sebagai inisiatif untuk mendukung siswa dan keluarga Muslim dengan penekanan pada peningkatan sumber daya dan pelatihan untuk pendidik, dukungan yang ditargetkan untuk siswa, dan sumber daya digital untuk orang tua.

"Tidak dapat diterima bahwa banyak siswa Muslim terus menghadapi diskriminasi di sekolah kami, di taman bermain kami dan di komunitas di seluruh negeri ini," kata Menteri Lecce dalam siaran pers yang dikirim ke AboutIslam.net, dilansir Rabu (1/12).

"Itulah sebabnya kami berinvestasi dan bermitra dengan para pemimpin masyarakat, yang memimpin upaya ini untuk melawan rasisme dan lebih mendukung siswa Muslim Ontario dan keluarga mereka. Untuk Premier Ontario Doug Ford, Menteri Rasheed dan saya sendiri, kami percaya pada inti kita bahwa setiap siswa berhak untuk merasa aman, dihormati, dan terlibat dalam pembelajaran di kelas inklusif," tambahnya.

Selama empat bulan terakhir, MAC telah bekerja tanpa lelah dengan pendidik, akademisi, dan pembuat konten untuk mengembangkan lokakarya, video, dan infografis untuk membekali pendidik dengan kursus mini dan lokakarya yang terdiri dari konten yang menarik.

Sumber daya digital pendidikan dikembangkan untuk meningkatkan kesadaran tentang rasisme dan diskriminasi dalam segala bentuknya, dan khususnya tentang Islamofobia.

Soft launching (peluncuran lunak) dari platform tersebut berlangsung pada 17 November 2021, yang juga dihadiri oleh Menteri Stephen Lecce dan Kaleed Rasheed. Platform tersebut mendapat sambutan positif dari pemangku kepentingan pemerintah dan masyarakat, pendidik, dan siswa.

Setelah peluncuran penuh pada 2 Desember 2021, semua konten akan tersedia untuk umum melalui situs web yang mudah diakses. Asisten Profesor di Fakultas Studi Pribumi di  University of Alberta, Dr. Paul L. Gareau, mengatakan bahwa kursus kesadaran Islam adalah pendekatan berbasis komunitas yang sangat baik untuk pendidikan dan keterlibatan dalam topik Islam dan pengalaman Muslim di Kanada dan sekitarnya.

Sebagai warga negara Métis dan pemimpin akademis untuk kursus online terbuka secara besar-besaran Indigenous|Canada, ia memahami nilai pendekatan anti-penindasan terhadap pendidikan dan kebutuhan akan pemahaman dan hubungan yang mendalam dengan orang-orang Muslim dan komunitas etno-budaya.

"Sumber daya digital dan konten kursus yang dapat diakses ini akan menawarkan wawasan tentang pluralisme dari komunitas dan pengalaman Muslim, sarana untuk melawan balik dan menolak Islamofobia, dan cara menuju masa depan yang lebih adil dan inklusif bagi semua warga Kanada," tambah Dr. Gareau.