Kamis 02 Dec 2021 15:48 WIB

Peringatan Alquran Soal Bahayanya Tipu Daya Setan

Alquran memberi peringatan kepada manusia agar waspada dengan tipu daya setan.

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Agung Sasongko
Berdoa (Ilustrasi)
Foto: Republika/Thoudy Badai
Berdoa (Ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Alquran memberi peringatan kepada manusia agar waspada dengan tipu daya atau bisikan setan. Sebab setan seperti penyakit yang tidak kelihatan, akan berakibat fatal terhadap manusia yang sudah dikendalikan atau dikuasai setan. Hal ini dijelaskan dalam Surah Al-A'raf Ayat 27 dan tafsirnya.

يٰبَنِيْٓ اٰدَمَ لَا يَفْتِنَنَّكُمُ الشَّيْطٰنُ كَمَآ اَخْرَجَ اَبَوَيْكُمْ مِّنَ الْجَنَّةِ يَنْزِعُ عَنْهُمَا لِبَاسَهُمَا لِيُرِيَهُمَا سَوْاٰتِهِمَا ۗاِنَّهٗ يَرٰىكُمْ هُوَ وَقَبِيْلُهٗ مِنْ حَيْثُ لَا تَرَوْنَهُمْۗ اِنَّا جَعَلْنَا الشَّيٰطِيْنَ اَوْلِيَاۤءَ لِلَّذِيْنَ لَا يُؤْمِنُوْنَ

Baca Juga

Wahai anak cucu Adam! Janganlah sampai kamu tertipu oleh setan sebagaimana halnya dia (setan) telah mengeluarkan ibu bapakmu dari surga, dengan menanggalkan pakaian keduanya untuk memperlihatkan aurat keduanya. Sesungguhnya dia dan pengikutnya dapat melihat kamu dari suatu tempat yang kamu tidak bisa melihat mereka. Sesungguhnya Kami telah menjadikan setan-setan itu pemimpin bagi orang-orang yang tidak beriman. (QS Al-A'raf: 27).

Dalam penjelasan Tafsir Kementerian Agama, ayat ini menyerukan kepada anak cucu Adam agar mereka jangan sampai lalai dan lengah, melupakan dan menyia-nyiakan dirinya, tidak menyucikan dan agar membentengi dirinya dengan takwa. Hendaknya mereka selalu mengingat Allah, karena kalau tidak, hatinya akan berkarat sebagaimana berkaratnya besi.

Dengan demikian, mereka akan mempunyai kekuatan yang kokoh untuk menghadapi bujukan dan rayuan setan. Sehingga selamatlah mereka dari tipu dayanya dan tidak akan mengalami nasib buruk seperti yang telah dialami ibu bapak manusia, yaitu Nabi Adam a.s. dengan istrinya. Nabi Adam dan istrinya dikeluarkan dari surga, pakaiannya tanggal sehingga auratnya kelihatan.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement