Kamis 02 Dec 2021 20:02 WIB

Islamic Center Padang Panjang Masuk Nominasi DTW Halal

Islamic Center Kota Padang Panjang masuk tiga besar DTW Halal.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Agung Sasongko
Pengunjung berada di kawasan Islamic Center, Kota Padangpanjang, Sumatera Barat, Kamis (19/4).
Foto: Antara/Iggoy el Fitra
Pengunjung berada di kawasan Islamic Center, Kota Padangpanjang, Sumatera Barat, Kamis (19/4).

IHRAM.CO.ID, PADANG PANJANG -- Islamic Center Kota Padang Panjang masuk tiga besar nominator Daya Tarik Wisata (DTW) Halal Sumatera Barat 2021. Visitasi lapangan dilakukan Tim Ahli DTW Halal, Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat, Kamis (2/12).

Kunjungan lapangan Tim Penilai untuk menyesuaikan data yang telah diverifikasi dengan kondisi di lapangan. ketua Tim Ahli DTW Halal, Sari Lenggogeni, yang merupakan pakar pariwisata Universitas Andalas, menyampaikan dari 18 kabupaten/kota yang mengirimkan data kawasan Islamic Center Kota Padang Panjang masuk nominasi tiga besar. Selain itu ada kawasan Istano Basa Pagaruyung di Kabupaten Tanah Datar dan Kawasan Danau Kembar di Kabupaten Solok.

Baca Juga

"Pertama masuk Islamic Center ini,  kami merasa takjub melihat suasana religi dengan pemandangan alamnya  yang menenangkan jiwa," kata Sari.

Adapun kriteria wisata halal menurutnya, yang mencakup aspek wilayah, daya tarik wisata, fasilitas umum, aksesibilitas, investasi dan dukungan pemerintah.

Menurut Sari, salah satu indikator penting DTW Halal adalah kebersihan. Mulai dari kebersihan lingkungan, kebersihan  toilet serta kebersihan perlengkapan shalat yang disediakan.

Sari mengatakan setelah melakukan visitasi lapangan, ada beberapa masukan terhadap pengelola atau pengurus kawasan Islamic Center. Di antaranya, agar ditingkatan aktivitas yang melekat dengan Islamic Center, serta penyusunan kurikulum untuk pengunjung.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement