Senin 06 Dec 2021 21:23 WIB

Makam Ulama Nusantara Jadi Warisan Budaya Nasional Afsel

Makam ulama nusantara resmi dinobatkan sebagai warisan budaya nasional Afsel.

Rep: Fergi Nadira/ Red: Agung Sasongko
Muslim di Afrika Selatan
Muslim di Afrika Selatan

IHRAM.CO.ID,  CAPE TOWN - Makam ulama Indonesia, Sayed Abdul Malik resmi dinobatkan sebagai warisan budaya nasional Afrika Selatan oleh South African Heritage Resources Agency pekan lalu. Penoabtan ini dilakukan melalui acara Declarations of Karamats Within the Circle of Tombs as National Heritage Sites pada Jumat (3/12).

Menurut keterangan pers Konsul Jenderal (KJRI) Cape Town pada Senin (6/12), Muslim Directory mencatat Sayed Abdul Malik merupakan ulama nusantara yang tiba di Cape Town menjelang akhir abad ke-18. Sayed Abdull Malik menjadi orang kepercayaan Tuan Guru yang juga seorang ulama nusantara asal Tidore yang pertama kali membangun masjid di Afrika Selatan.

Baca Juga

Cape Mazaars Society sebagai penggagas ditetapkannya makam Sayed Abdul Malik sebagai bagian warisan budaya nasional Afrika Selatan mengungkapkan bahwa hal ini merupakan proses panjang yang dimulai dari tahun 1980-an. Saat ini terdapat 10 makam ulama yang telah ditetapkan sebagai national heritage sites dari seluruh 31 makam ulama yang ditargetkan.

Dalam sambutan yang disampaikan oleh fungsi Pensosbud, Konsul Jenderal RI Cape Town menyampaikan bahwa Sayed Abdul Malik bersama Tuan Guru dan Syekh Yusuf merupakan beberapa ulama nusantara asal Indonesia yang memperkaya budaya Afrika Selatan dalam konteks spiritualitas. Ulama-ulama Indonesia telah mewarnai perkembangan Afrika Selatan dari awal kedatangan hingga saat ini.

"Harapan Indoneisa dengan penetapan makam Sayed Abdul Malik sebagai national heritage akan memperkaya dan memperkuat hubungan bilateral antara Afrika Selatan dan Indonesia," ujar KJRI Cape Town.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement