Selasa 07 Dec 2021 22:42 WIB

9 Alasan Heraclius Yakin Muhammad adalah Seorang Nabi

Kaisar Romawi Timur Heraclius yakin Muhammad adalah seorang Nabi.

Rep: Ratna Ajeng Tedjomukti/ Red: Agung Sasongko
Rasulullah
Foto: wikipedia
Rasulullah

IHRAM.CO.ID, Dilansir di aboutislam.net, Selasa (7/12), setelah Perjanjian Hudaibiyah, Nabi mengirim banyak surat kepada para pemimpin dan penguasa tetangga untuk mengajak mereka masuk Islam. Dia mengirim Dihyah al-Kalbi dengan surat yang ditujukan kepada Kaisar Romawi Timur Heraclius. Dia memerintah wilayah Timur Tengah yang luas pada waktu itu.

Surat ini mungkin dikirim kepadanya pada tahun 628 M. Heraclius sedang berada di Yerusalem pada waktu itu untuk merayakan kemenangannya atas Persia. Surat itu diberikan kepada gubernur Busra, yang menyampaikannya kepada Kaisar. 

Baca Juga

Kaisar tertarik dengan surat yang mulia ini. Dia ingin tahu lebih banyak tentang orang yang mengiriminya surat ini dan apakah dia benar-benar utusan Allah. Pada saat Rasulullah mengadakan gencatan senjata dengan Abu Sufian dan orang-orang kafir Quraisy. Jadi Abu Sufian dan teman-temannya pergi ke Heraclius di Ilya' (Yerusalem). 

Heraclius memanggil mereka di pengadilan. Heraclius berkata kepada penerjemahnya untuk menyampaikan kepada Rasulullah tentang alasan keyakinannya bahwa Rasulullah adalah utusan Allah:

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement