Muslim AS Harus Tempuh Jarak Jauh Demi Daging Halal

Rabu , 08 Dec 2021, 04:31 WIB Reporter :Umar Mukhtar/ Redaktur : Agung Sasongko
Daging halal/ilustrasi
Daging halal/ilustrasi

IHRAM.CO.ID, CHARLESTON -- Komunitas Muslim di wilayah Charleston, Carolina Selatan, AS, telah berkembang pesat dalam 35 tahun. Seorang muslim setempat, Ghazala Javed, memperkirakan segelintir keluarga Muslim di sana telah berkembang menjadi sekitar 500 saat ini.

 

Terkait

Jumlahnya diperkirakan terus bertambah. Islam adalah agama dengan pertumbuhan tercepat di dunia menurut laporan Pew Research Center pada 2017. Muslim akan tumbuh lebih dari dua kali lebih cepat dari populasi dunia secara keseluruhan antara 2015 dan 2060.

Baca Juga

Dalam keadaan itu, masyarakat Muslim di Charleston mengalami kesulitan dalam mendapatkan daging yang halal. Ini karena membutuhkan perjalanan bermil-mil jaraknya untuk mendapatkan daging halal.

photo

Strategi Akselerasi Pengembangan Kawasan Industri Halal - (ANTARA/Republika.co.id)

Javed adalah salah satu Muslim di Charleston yang hanya memasak daging halal di rumah. Komunitas Muslim setempat sangat kompak sehingga mereka mengoordinasikan perjalanan ke Columbia atau bahkan Atlanta untuk membeli daging untuk didistribusikan kembali ke rumah.

Mereka membeli daging halal dari toko daging bernama Halal International dan toko serupa yang berada di Charlotte. "Ini sangat nyaman sekarang, tetapi tidak seperti pergi ke toko dan memilih daging," kata Javed, dilansir dari US News, Selasa (7/12).