Dr. Oz Berpeluang Jadi Muslim Pertama Duduki Jabatan Senat di AS

Rabu , 08 Dec 2021, 15:43 WIB Reporter :Rizky Suryarandika/ Redaktur : Esthi Maharani
Dr Mehmet Oz
Dr Mehmet Oz

IHRAM.CO.ID, NEW YORK -- Ahli bedah terkenal dan pembawa acara “The Dr. Oz Show,” Dr. Mehmet Oz meluncurkan kampanye untuk kursi Senat Amerika Serikat (AS) di Pennsylvania. Kursi itu sekarang dipegang oleh Pat Toomey yang akan pensiun.

 

Terkait

Jika Oz memenangkan nominasi dari Partai Republik, dia akan menjadi Muslim pertama yang dinominasikan untuk kursi Senat oleh partai politik besar Amerika. Oz tercatat merupakan putra seorang imigran Turki.

Baca Juga

Pria berusia 61 tahun itu adalah ahli bedah kardiotoraks yang dikenal luas dan profesor kedokteran Universitas Columbia sebelum menjadi terkenal secara nasional di televisi. Oz awalnya dikenal sebagai tamu yang sering hadir di acara bincang-bincang Oprah Winfrey sebelum memulai debutnya pada 2009.

Agama yang dianut Oz mungkin sedikit diketahui oleh jutaan pemirsa acaranya. Tetapi perannya sebagai salah satu Muslim paling terkemuka dalam kehidupan Amerika tidak luput dari perhatian. Oz adalah salah satu dari sekitar 40 orang Amerika yang termasuk dalam 500 Muslim Paling Berpengaruh di Dunia edisi 2022 berdasarkan daftar tahunan yang dikeluarkan oleh Pusat Studi Strategis Islam dari Yordania.

Oz mengumumkan kampanye senatnya di situs web Washington Examiner pada 30 November. Oz menyinggung referensi ke latar belakang Turki-Amerika-nya.

“Saya menyaksikan pengorbanan keluarga saya. Ayah saya tumbuh sangat miskin (secara harfiah tidur di lantai tanah) dan mencintai negara ini sama seperti siapa pun yang sudah ada disini," kata Oz dilansir dari Religion News Service pada Rabu (8/12).

Oz menyebut ibunya menganut Islam sekuler yang diperkenalkan pendiri Turki modern, Kemal Ataturk. Sedangkan ayah Oz adalah seorang Muslim yang ketat. Hal itu disampaikan Oz dalam wawancara tahun 2012 untuk program televisi PBS Henry Louis Gates Jr. “Faces of America.”

Sebagai seorang pemuda, Mehmet Oz mengaku memberontak terhadap tradisi Islam versi Ibu atau ayahnya itu. Ia memilih untuk menyelaraskan pandangannya dengan tasawuf.

“Saya telah banyak berjuang dengan identitas Muslim sebagian karena dalam keluarga saya ada dua perspektif berbeda tentang itu,” kata Oz kepada Gates.

Selain itu, Oz memuji istrinya karena memperkenalkannya pada Meditasi Transendental dan reiki atau sebuah praktik tradisional Jepang yang menggunakan "energi penyembuhan" untuk tujuan pengobatan.

“Ketika saya bermeditasi, saya pergi ke tempat di mana kebenaran hidup,” kata Oz tentang latihan Meditasi Transendentalnya.

"Saya bisa melihat apa realitas sebenarnya, dan jauh lebih mudah untuk membentuk hubungan yang baik," tutur Oz.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini