Rabu 08 Dec 2021 16:45 WIB

Saudi Resmi Buka Jalur Langsung dengan Oman

Jalan darat pertama yang akan menghubungkan langsung Arab Saudi dan Oman resmi dibuka

Rep: Mabruroh/ Red: Esthi Maharani
Jalan pertama yang akan menghubungkan Arab Saudi dan Kesultanan Oman akan segera dibuka. Jalan ini akan memangkas jarak antara kedua negara sekitar 800 kilometer.
Foto: Saudi Gazette
Jalan pertama yang akan menghubungkan Arab Saudi dan Kesultanan Oman akan segera dibuka. Jalan ini akan memangkas jarak antara kedua negara sekitar 800 kilometer.

IHRAM.CO.ID, MUSCAT — Jalan darat pertama yang akan menghubungkan langsung Arab Saudi dan Oman resmi dibuka pada Selasa (7/12). Baik Arab Saudi maupun Oman, menyambut baik pembukaan jalan yang tentunya memangkas jarak tempuh antara kedua negara tersebut.

"Kedua belah pihak menyambut baik pembukaan jalan Saudi-Oman sepanjang 725 km, yang akan berkontribusi pada kelancaran pergerakan warga kedua negara dan integrasi rantai pasokan," kata sebuah pernyataan bersama dilansir dari Saudi Gazette, Rabu (8/12).

Baca Juga

Jalan utama tersebut dimulai dari Bundaran Ibri di Kegubernuran Al Dhahirah dan berakhir di Simpang Saudi Batha. Jalan tersebut membentang sepanjang 725 km dan melewati gurun Empty Quarter. Jalan ini akan turut memperkuat komunikasi sosial kedua negara.

"Ini juga memfasilitasi lalu lintas dan pergerakan warga dan penduduk antara kedua negara dan membuka jalur logistik yang luas untuk mendukung berbagai sektor komersial, ekonomi, pariwisata dan investasi," kata pernyataan bersama itu.

Jaringan jalan di Oman menghubungkan jalan baru dengan pelabuhan Oman, zona bebas dan bandara, yang akan berkontribusi untuk mengaktifkan pergerakan transportasi dan barang serta meningkatkan pertukaran perdagangan antara Arab Saudi dan Oman.

Jalan yang telah tertunda selama bertahun-tahun, tidak hanya akan memangkas jarak antara kedua negara, tetapi juga akan mengurangi waktu tempuh secara signifikan. Wakil Sekretaris Kementerian Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kesultanan Oman Salem Muhammad Al-Nuaimi menggambarkan jalan yang menghubungkan kedua negara sebagai jalan vital.

"Bagian terbesar dari jalan melewati Arab Saudi, meluas ke beberapa medan terberat di dunia, termasuk Empty Quarter," jelas Al-Nuaimi.

Jalan tersebut melewati Empty Quarter dan Provinsi Al-Ahsa di Arab Saudi. Adapun panjang jalan di Oman sekitar 160 kilometer. Sedangkan bentangan jalan meliputi 580 kilometer berada di Kerajaan Arab Saudi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement