Kamis 09 Dec 2021 21:04 WIB

Purbalingga Ajak Warga Perkuat Prokes Saat Libur Natal-Tahun Baru

Dapat merayakan liburan bersama keluarga di rumah saja.

Purbalingga Ajak Warga Perkuat Prokes Saat Libur Natal-Tahun Baru (ilustrasi).
Foto: ANTARA FOTO/IDHAD ZAKARIA
Purbalingga Ajak Warga Perkuat Prokes Saat Libur Natal-Tahun Baru (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,PURBALINGGA -- Pemerintah Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah mengajak masyarakat di wilayah setempat untuk memperkuat penerapan protokol kesehatan (prokes) guna mencegah lonjakan kasus COVID-19 saat libur Natal dan Tahun Baru.

"Kami mengajak warga untuk memperkuat prokes, karena terdapat potensi peningkatan mobilitas masyarakat pada saat libur Natal dan Tahun Baru," kata Wakil Bupati Purbalingga H. Sudono di Purbalingga, Jawa Tengah, Kamis (9/12).

Baca Juga

Dia juga mengajak masyarakat untuk mengurangi mobilitas dan merayakan momen libur Natal dan Tahun Baru bersama keluarga di rumah saja. "Hindari potensi kerumunan, jika bisa, jika tidak ada keperluan mendesak maka dapat merayakan liburan bersama keluarga di rumah saja, untuk mencegah gelombang ketiga COVID-19," katanya.

Terlebih lagi, kata dia, pada saat ini terdapat kemunculan varian Omicron, sehingga perlu menjadi perhatian bersama seluruh masyarakat Purbalingga agar sama-sama melakukan upaya antisipasi. Pihaknya akan menggencarkan sosialisasi mengenai perlunya memperkuat protokol kesehatan pada saat libur Natal dan Tahun Baru.

"Kami juga akan mengingatkan warga untuk tidak melakukan pawai dan arak-arakan agar tidak terjadi kerumunan," katanya.

Selain itu, kata dia, pihaknya juga mengajak masyarakat yang belum divaksin untuk segera mendaftarkan dirinya dan mendapatkan vaksinasi COVID-19.Wabup mengakui bahwa tren kasus aktif COVID-19 di wilayah Purbalingga terus menurun dalam beberapa hari terakhir.

"Namun demikian penurunan kasus aktif COVID-19 ini masih harus tetap diiringi dengan protokol kesehatan yang ketat dan percepatan vaksinasi, untuk mengantisipasi kembali terjadinya lonjakan kasus COVID-19," kata Sudono.

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten Purbalingga menginformasikan bahwa capaian vaksinasi COVID-19 di wilayah setempat telah mendekati 70 persen dari target sasaran. Plt. Kepala Dinas Kesehatan Purbalingga Hanung Wikantono mengatakan bahwa hingga Kamis, capaian vaksinasi di Purbalingga sebanyak 537.763 atau sudah 69,06 persen dari target 778.743 sasaran vaksinasi di wilayah ini.

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement