Sabtu 18 Dec 2021 01:47 WIB

Anak Gajah di Kebun Binatang Surabaya Mati

KBS masih menunggu hasil autopsi untuk mengumumkan sebab kematian Dumbo.

Gajah (ilustrasi). Anak gajah bernama
Foto: VOA
Gajah (ilustrasi). Anak gajah bernama "Dumbo" berumur 2,5 tahun di KBS diketahui mati tanpa sebab yang belum diketahui.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Perusahaan Daerah Taman Satwa (PDTS) Kebun Binatang Surabaya (KBS) membenarkan jika ada anak gajah bernama "Dumbo" berumur 2,5 tahun di KBS diketahui mati tanpa sebab yang jelas. Informasi yang diperoleh ANTARA, anak gajah tersebut sudah mati sepekan lalu.

"Iya tepatnya kita tunggu hasil outopsi dan laboratorium. Nanti kita rillis," kata Dirut PDTS KBS Khoirul Anwar saat dikonfiormasi melalui pesan Whatsapp, Jumat, (17/12).

Baca Juga

Wakil Ketua Komisi B Bidang Perekonomian DPRD Surabaya Anas Karno mengatakan setelah mendapatkan informasi anak gajah mati, pihaknya langsung mendatangi KBS untuk mengonfirmasi manajemen KBS terkait kematian anak gajah."Tadi disampaikan pihak manajemen KBS membenarkan hal itu. Soal kapan anak gajah itu mati, belum disampaikan manajemen. Tadi hanya menyampaikan mati dan sekarang masih dalam proses outopsi," katanya.

HRD KBS Rika Widiyasanti yang saat itu mendatangi Anas Karno juga membenarkan adanya anak gajah mati di KBS. Menurut dia, untuk saat ini pihaknya masih menunggu hasil laboratorium dan outopsi.

"Mohon bersabar, akan kami jelaskan saat rilis nanti. Soal kesalahan makanan tidak ada, dari sisi perawatan sudah baik. Secara prosedur, kami juga sudah laporkan ke pihak otoritas," katanya.

Pemerhati satwa Singky Soewadji mengatakan, informasi yang didapatkannya bahwa anak gajah tersebut mati sepekan yang lalu. Dia mempertanyakan kenapa seluruh staf, medis dan petinggi di KBS seolah menutupi kematian anak gajah ini.

"Gajah merupakan satwa Appendix I yang dilindungi oleh undang-undang. Itu masuk pidana," katanya.

Bahkan anehnya dari hasil outopsi yang diterimanya, lanjut dia, pembuluh darah anak gajah itu pecah dan diduga virus. "Kalau itu virus kenapa yang lain tidak kena?," katanya.

Nama Dumbo diberikan oleh Wali Kota Surabayasaat itu Tri Rismaharini yang kini Menteri Sosial. Dumbo lahir di Surabaya pada 22 Juli 2019, yang merupakan adik dari Gonzales dari asil perkawinan indukan gajah betina yang bernama Lembang dan indukan jantan yang bernama Doa.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement