Lembaga Penanggulangan Bencana MUI Gelar Rakornas Pertama

Kamis , 30 Dec 2021, 04:30 WIB Reporter :Dea Alvi Soraya/ Redaktur : Agung Sasongko
Gedung MUI
Gedung MUI

IHRAM.CO.ID,  JAKARTA—Lembaga Penanggulangan Bencana Majelis Ulama Indonesia (LPB MUI) menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) di Hotel Grand Alia Cikini, Senin (27/12). Ketua LPB MUI Jafar mengatakan, Rakornas LPB MUI dilaksanakan sebagai upaya peningkatan kapasitas dan sinergitas koordinatif lembaga dalam melaksanakan kegiatan penanggulangan bencana secara terencana, terpadu, dan menyeluruh. 

 

Terkait

“Rakornas ini bertujuan untuk menyatukan langkah untuk mengoptimalkan penanggulangan bencana di seluruh Indonesia,” tutur Jafar dalam pemaparannya yang dikutip Republika.co.id, Rabu (29/12). 

Baca Juga

Dalam laporannya, Jafar mengatakan bahwa Indonesia adalah negara yang kaya dengan sumber daya alam, dan merupakan negara kepulauan terbesar di dunia dengan 17.500 pulau yang dua per tiganya adalah laut. Indonesia juga memiliki tiga lempeng tektonik, yaitu lempeng Indo-Australia, Eurasia, dan Pasifik. 

“Indonesia juga berada di kawasan cincin api yang melingkar atau mengitari wilayah Indonesia, yang menyebabkan Indonesia memiliki banyak gunung aktif dan termasuk negara vulkanik,” ujarnya. 

“Namun kondisi ini juga membuat Indonesia memiliki potensi frekuensi bencana yang lebih tinggi dibanding negara-negara lain,” sambungnya.