Petugas Pemadam Kebakaran Yakinkan Muslim untuk Vaksinasi

Kamis , 06 Jan 2022, 14:37 WIB Reporter :Mabruroh/ Redaktur : Esthi Maharani
Faz Patel, petugas pemadam kebakaran yang melanjutkan perjuangan kakeknya untuk mengedukasi umat muslim di Lancashire untuk mendapatkan vaksinasi
Faz Patel, petugas pemadam kebakaran yang melanjutkan perjuangan kakeknya untuk mengedukasi umat muslim di Lancashire untuk mendapatkan vaksinasi

IHRAM.CO.ID, LONDON — Faz Patel merupakan seorang petugas pemadam kebakaran muslim di Lancashire, Inggris. Ia memutuskan melanjutkan perjuangan kakeknya untuk mengedukasi umat muslim di Lancashire untuk mendapatkan vaksinasi Covid-19.

 

Terkait

Kakeknya, menghembuskan napas terakhirnya, karena virus corona pada 2020 lalu. Ia dan keluarga tentu saja kehilangan, namun alih-alih bersedih, Patel memutuskan meneruskan pesan kakeknya agar keluarganya dan umat muslim mendapatkan vaksinasi.

"Dia biasa memberi tahu semua orang untuk mendapatkan vaksin dan saya memutuskan melanjutkan, alih-alih hanya meratapi kehilangannya. Saya akan secara aktif mengambil bagian dalam upaya vaksinasi dan membantu orang-orang di daerah saya untuk merasa lebih percaya diri tentang hal itu," kata Patel, dilansir dari About Islam, Kamis (6/1/2022).

Patel, bukan saja seorang petugas keselamatan kebakaran Muslim, ia juga salah satu dari banyak pekerja Lancashire Fire and Rescue Service (LFRS) yang telah membantu upaya vaksinasi. Selama lima hari ini, LFRS berhasil memberikan vaksinasi kepada 1.000 orang yang membutuhkan.

“Banyak individu dari komunitas BME dan Muslim dan beberapa orang tua mendapatkan informasi yang salah, di media sosial dan dari mulut ke mulut tentang vaksin, sehingga mereka enggan untuk melakukan suntikan vaksin,” kata Patel.

"Namun, dengan bantuan kami, kami berhasil melihat penyerapan 30 persen dalam vaksinasi di daerah Pennines di Lancashire pada Maret hingga April tahun ini, dibandingkan dengan ketika program dimulai pada Desember 2020 lalu,” jelasnya.

Kampanye vaksinasi ini juga dilakukan melalui siaran langsung di radio-radio untuk memberikan informasi soal vaksin. Tentu saja siaran dilakukan dengan empat bahasa berbeda dari stasiun radio mereka sendiri, Pendle Community Radio.

"Ini semua tentang menggunakan bahasa yang tepat dan membuat orang menghangatkan gagasan vaksin dengan mendengarkan kekhawatiran mereka dan mengatasinya dengan cara sebaik mungkin," tambah Patel.

Secara keseluruhan ujar Patel, ia bersama LFRS telah membantu mengelola lebih dari 500 ribu vaksinasi dan mendukung 25 lokasi vaksinasi di daerah tersebut.

"Baru bulan lalu, kami dianugerahi penghargaan Fire Magazine untuk Layanan Darurat Terbaik di Inggris untuk tahun ini. Kerja keras kami akhirnya diakui dengan penghargaan ini,” ujarnya.

Berdasarkan Firman Allah SWT, “Barang siapa memelihara kehidupan seorang manusia, maka seakan-akan dia telah memelihara kehidupan semua manusia,” (Quran surat Almaidah ayat 32).

Terinspirasi oleh ayat ini, ribuan Muslim dari seluruh Inggris memimpin upaya luar biasa selama beberapa bulan terakhir untuk membantu orang lain selama pandemi Covid-19.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini