Rabu 09 Feb 2022 04:40 WIB

BKsPPI Imbau Pesantren Lakukan Proteksi

BKsPPI mengimbau pesantren lakukan proteksi secara horizontal dan vertikal.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko
Ilustrasi Pondok Pesantren
Foto: Antara/Fauzan
Ilustrasi Pondok Pesantren

IHRAM.CO.ID,  JAKARTA --  Sekretaris Jenderal (Sekjen) Badan Kerja Sama Pondok Pesantren Indonesia (BKsPPI) Akhmad Alim menyampaikan, pesantren harus melakukan proteksi secara vertikal. Artinya, memperbanyak doa meminta perlindungan diri kepada Allah SWT. Ini biasanya dilakukan di pesantren melalui dzikir dan doa pada waktu pagi dan petang.

"Ini sebagai ikhtiar vertikal karena Allah SWT yang menjaga kita dan yang memberikan perlindungan. Ini yang kita tekankan kepada pesantren-pesantren," kata dia kepada Republika.co.id, Selasa (8/2).

Baca Juga

Akhmad melanjutkan, kegiatan belajar di pesantren juga ditingkatkan dari sisi proteksi horizontal. Dia menjelaskan, proteksi horizontal yaitu menjaga diri melalui protokol kesehatan dengan memperbanyak wudhu, cuci tangan dan menjaga kebersihan lingkungan pesantren. "Ini dalam rangka usaha supaya Covid-19 varian omicron tidak semakin mewabah," imbuhnya.

Pesantren, kata Akhmad, juga dipersilakan untuk terus menjalankan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) selama tidak terjadi gangguan atau gejala penularan Covid-19 terutama dari pihak luar. Untuk itu, dia mengingatkan, pesantren juga harus bekerja sama dengan lembaga kesehatan.

Akhmad mengungkapkan, sinergi dengan lembaga kesehatan itu penting untuk melakukan pengecekan secara intensif supaya kesehatan santri terjaga dan terproteksi kesehatannya. Ketika terdeteksi satu atau dua orang di dalam pesantren yang bergejala atau terpapar Covid-19 maka akan diisolasi di tempat yang telah disediakan oleh pesantren.


Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement