Jumat 11 Feb 2022 09:10 WIB

Jangan Panik! Ini Cara Atasi Sakit Kuning pada Bayi

Kuning pada bayi diakibatkan tingginya kadar bilirubin.

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Yusuf Assidiq
Kondisi kuning pada bayi (Ilustrasi)
Foto: Google
Kondisi kuning pada bayi (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Ada banyak permasalahan yang dialami bayi yang baru lahir ke dunia. Salah satunya, yakni sakit kuning yang hampir dialami sejumlah bayi.

Esti Utami dalam buku The Happiest Mommy: Kenali Pertumbuhan Anak Usia 0 - 5 Tahun mengungkapkan, penyebab sakit kuning yang terjadi pada bayi.

Menurut Esti, kuning pada bayi diakibatkan tingginya kadar bilirubin. Kondisi ini biasanya terjadi pada hari keempat dan berakhir pada dua sampai tiga pekan.

Orang tua sebenarnya tidak perlu panik saat melihat bayi mengalami sakit kuning. Masalah ini sesungguhnya akan hilang sendirinya tanpa perawatan apapun.

Adapun obat sakit kuning yang paling tepat itu pemberian ASI eksklusif pada bayi. Namun, apabila sakit kuning yang diderita bayi cukup parah, maka pengobatannya harus dengan pencahayaan.

Orang tua perlu menjemur bayi di bawah sinar matahari pagi dalam beberapa menit. "Akan tetapi, jika penyakit kuning disebabkan oleh penyakit hati, penting bagi Anda untuk membawanya ke dokter," kata Esti.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement