Jumat 25 Feb 2022 16:27 WIB

UMY Hadirkan Campur Tour Memakai Kereta Kelinci

Sudah ada 1.000 peserta mengikuti kegiatan tersebut.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Yusuf Assidiq
Kegiatan campus tour UMY dengan menggunakan kereta kelinci.
Foto: Dokumen.
Kegiatan campus tour UMY dengan menggunakan kereta kelinci.

REPUBLIKA.CO.ID, BANTUL -- Masih dalam rangka perhelatan agenda milad 41, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menghadirkan kegiatan Campus Tour. Kegiatan ini merupakan acara perdana yang memang belum pernah ada dalam rangkaian milad edisi-edisi sebelumnya.

Melalui Campus Tour yang berlangsung mulai 22 Februari 2022, UMY ingin mengajak masyarakat mengenal UMY lebih dalam. Kepala Urusan Promosi UMY, Dr Imam Suprabowo mengatakan, pengenalan ini dilakukan mengajak masyarakat keliling secara langsung.

"Intinya, masyarakat diajak untuk benar-benar mengetahui UMY lebih dalam lagi. Hal tersebut bertujuan agar masyarakat tidak hanya mengetahui UMY melalui YouTube atau media sosial, tapi masyarakat dapat melihat secara nyata," kata Imam, Jumat (25/2/2022).

Berbeda dari kunjungan yang rutin dilakukan UMY, Campus Tour menghadirkan moda transportasi khusus berupa kereta kelinci yang mengantarkan peserta keliling UMY. Dilengkapi tour guide, untuk memberikan informasi secara gamblang mengenai UMY.

Sejak kedatangan, peserta akan diberikan penjelasan terlebih dulu tentang prokes. Kemudian, keliling menggunakan kereta kelinci, diberikan informasi terkait sejarah UMY, informasi fakultas, program studi, akreditasi, dan fasilitas pendukung lain.

Agenda ini terbuka seluas-luasnya untuk masyarakat baik bagi pelajar SMA, MA, pondok pesantren, maupun masyarakat secara selektif. Pendaftaran dibuka secara luas, namun karena dalam kondisi pandemi kesempatan diberikan lebih selektif.

"Kriterianya masyarakat yang sudah mengirimkan permohonan kunjungan jauh-jauh hari. Kami integrasikan dengan memilih secara khusus adik-adik SMA, MA, ponpes, dan berbagai lapisan masyarakat lain sekitar UMY, pengajian ibu-ibu, majelis taklim," ujar Imam.

Pelaksanaan Campus Tour dalam rangkaian Milad UMY akan dilaksanakan tujuh kali dalam kurun waktu satu bulan, 22 Februari-15 Maret 2022 mendatang. Setelah itu, kegiatan akan berjalan normal sebagaimana kunjungan di luar agenda-agenda milad.

Sejauh ini, kegiatan Campus Tour yang tengah memasuki hari ketiga hampir mencapai target. Imam mengungkapkan, sudah ada 1.000 peserta mengikuti kegiatan tersebut, dan diperkirakan sampai pelaksanaan terakhir jumlah peserta akan melebihi target.

Diikuti peserta dari berbagai daerah seperti Banyuwangi, Tasikmalaya, Garut, dan ada pula masyarakat sekitar seperti Pimpinan Ranting Muhammadiyah Bangunjiwo. Ia berharap, melalui kegiatan ini masyarakat akan mengenal lebih dekat dengan UMY.

Tidak cuma sebagai salah satu amal usaha Muhammadiyah, masyarakat dapat memahami keseriusan UMY dalam mengelola institusi. Sehingga, UMY dapat dijadikan pilihan terbaik bagi sanak keluarga yang ingin menempuh studi lanjut di perguruan tinggi.

"Masyarakat lebih mengerti UMY merupakan pilihan yang sangat tepat dan tidak ragu lagi ketika mereka ingin berkuliah dengan melihat secara langsung apa yang UMY buat dan torehkan," kata Imam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement