Rabu 23 Mar 2022 23:17 WIB

Madiun Bentuk Kelana-Dekela Wujudkan Kabupaten Layak Anak

Pembentukan tim tersebut merupakan upaya Pemerintah Kabupaten Madiun.

Madiun Bentuk Kelana-Dekela Wujudkan Kabupaten Layak Anak (ilustrasi).
Foto: ANTARA/Makna Zaezar
Madiun Bentuk Kelana-Dekela Wujudkan Kabupaten Layak Anak (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,MADIUN -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Madiun, Jawa Timur akan membentuk tim Kecamatan Layak Anak (Kelana) dan Desa/Kelurahan Layak Anak (Dekela) guna mewujudkan Kabupaten Layak Anak (KLA) di daerah setempat.

"Di setiap desa akan kita bentuk tim desa layak anak (dekela) dan kecamatan juga akan kita bentuk tim layak anak untuk mewujudkan kecamatan layak anak (Kelana). Sehingga nantinya bisa terwujud Kabupaten Layak Anak (KLA)," ujar Asisten Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Madiun Soedjiono di Madiun, Rabu (23/3/2022).

Baca Juga

Menurut dia, pembentukan tim tersebut merupakan upaya Pemerintah Kabupaten Madiun untuk mewujudkan Kabupaten Layak Anak (KLA) sebagai sistem pembangunan yang menjamin pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak yang dilakukan secara terencana, menyeluruh, dan berkelanjutan.

Adapun tim yang terbentuk tersebut nantinya akan menyusun program kegiatan yang mendukung desa dan kecamatan layak anak. "Kita ingin menjadikan Kabupaten Madiun ramah untuk anak-anak, dengan memastikan mereka mendapatkan ruang, bimbingan, dan pendampingan sehingga anak-anak tersebut memiliki kesempatan belajar dan mendapatkan pendidikan dan kesehatan yang layak," katanya.

Ada beberapa indikator yang harus dipenuhi untuk mendapatkan predikat KLA, seperti hak kebebasan sipil anak, lingkungan keluarga, kesehatan dasar dan kesejahteraan, pendidikan, serta perlindungan khusus terhadap anak. Sesuai data, Kabupaten Madiun pada tahun 2021 mendapat penghargaan sebagai kabupaten layak anak (KLA) kategori Madya.

Dengan terbentuknya tim kecamatan dan desa layak anak tersebut diharapkan predikat tersebut bisa naik ke kategori Nindya.

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement