Selasa 05 Apr 2022 22:40 WIB

Bakal Launching Aplikasi Migor, Ridwan Kamil: Ini Bukan Lelucon

Layanan ini hanya diperuntukkan bagi warga Jawa Barat.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Muhammad Fakhruddin
Bakal Launching Aplikasi Migor, Ridwan Kamil: Ini Bukan Lelucon (ilustrasi).
Foto: ANTARA/Aloysius Jarot Nugroho
Bakal Launching Aplikasi Migor, Ridwan Kamil: Ini Bukan Lelucon (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,SLEMAN -- Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyebut akan meluncurkan aplikasi minyak goreng (migor). Hal ini ia sebutkan saat mengisi ceramah di Masjid Universitas Gadjah Mada (UGM), Sleman, Selasa (5/4) malam.

"Pulang dari Yogya saya akan me-launching aplikasi minyak goreng," katanya yang juga dikenal dengan Kang Emil tersebut saat mengisi ceramah dengan tema 'Perencanaan Pembangunan Nasional untuk Indonesia Berkemajuan' di Masjid UGM, Sleman, Selasa (5/4/2022).

Baca Juga

Hal ini pun lantas mengundang tawa dari jamaah yang melaksanakan ibadah tarawih di masjid tersebut. Namun, Emil membalas bahwa hal tersebut bukan candaan. "Ini bukan lelucon, ini serius," ujar Emil.

Melalui aplikasi tersebut, katanya, warga dapat memesan migor secara online dan nantinya dikirim langsung ke rumah-rumah warga. Meskipun begitu, layanan ini hanya diperuntukkan bagi warga Jawa Barat.

"Nanti warga Jabar bisa memesan migor via online, kami kirimkan ke rumah-rumah tanpa pihak ketiga dan biaya kirimnya ditanggung oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat," jelas Emil.

Sontak seorang jamaah pun bertanya, apakah layanan tersebut juga dapat diakses oleh warga DIY. Namun, Emil menjawab bahwa layanan tersebut hanya untuk warga Jawa Barat.

"Kebetulan wilayahnya hanya Jawa Barat," kata Emil diiringi tawa jamaah.

Emil juga menyebut bahwa saat ini kondisi perekonomian Indonesia berada di peringkat 16 dari 20 negara anggota G20. 20 negara yang masuk dalam G20 sendiri, katanya, menguasai 85 persen perekonomian dunia.

"10 tahun lagi kalau kita damai, tidak bertengkar, (dan ada) inovasi, kita bisa rangking 10 ekonomi dunia. Dan pada 2045 yaitu 23 tahun dari sekarang, saat saya 74 tahun dan senior (mahasiswa) disini saya doakan panjang umur, insya Allah kita rangking empat dunia," tambah Emil.

"Jadi, tahun 1945 saat Ramadhan (Indonesia) diproklamasikan sebagai negara merdeka, Ramadhan 2045 insya Allah kita proklamasi sebagai negara adidaya," lanjutnya.

Untuk menuju negara adidaya, kata Emil, ada beberapa syarat yang harus dilakukan. Syarat pertama yakni sumber daya manusianya (SDM) harus berkualitas dan tidak boleh ada stunting.

Syarat kedua yakni ekonominya harus unggul. Sedangkan, untuk syarat ketiga untuk menjadi negara adidaya yakni kondisi sosial politik harus kondusif.

"Alias tidak boleh ada kecurangan, tidak boleh banyak pertengkaran. Saya imbau kepada seluruh jiwa-jiwa (yang ada di masjid) disini untuk mengurangi nafsu, mengurangi potensi untuk bertengkar," kata Emil.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement