26 Jumadil Akhir 1441

Mudik Lebaran Kian Mudah dengan Google

Kamis , 16 Mei 2019, 15:02 WIB Reporter :Umi Soliha/ Redaktur : Hasanul Rizqa
logo google
logo google

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mudik alias pulang ke kampung halaman sudah menjadi tradisi tahunan di Indonesia, khususnya selama Ramadhan atau menjelang Idul Fitri. Perusahaan teknologi digital Google berkomitmen untuk mempermudah masyarakat selama menjalani tradisi itu.

Baca Juga

Misalnya, Google akan mengatasi pelbagai kesukaran mencari rute-rute terbaik dari titik keberangkatan menuju kampung halaman. Dengan begitu, pemudik dapat menghindari jalan-jalan yang rawan kemacetan. Demikian pula, Google akan menginfokan sejumlah titik istirahat (rest area), masjid, ATM, pom bensin, serta pelbagai fasilitas umum selama perjalanan mudik.

Menurut Kepala Pemasaran Google Indonesia, Veronica Utami, pihaknya telah bekerja sama dengan pemerintah untuk menyediakan layanan kemudahan mudik bagi masyarakat. Misalnya, produk Google Maps kini menghadirkan pelbagai fitur terbaru. Tampilannya kian lengkap dengan panduan rute terbaik, stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU), rest area, posko mudik, dan lain-lain.

"Semua fitur yang ada di Google Maps tidak hanya bisa digunakan di Pulau Jawa saja, namun juga bisa digunakan di seluruh Indonesia,"ujar Veronica Utami, Kamis (16/5).

Selain itu, Google juga terlibat dalam memperkaya fitur di laman pemerintah, infomudik.go.id. Di situs tersebut, ada fasilitas bertajuk "Mudik Bersama Google" yang sudah bisa mulai diakses mulai hari ini.

photo
Head of Marketing Google Indonesia, Veronica Utami saat menjelaskan fitur baru Google untuk menunjang aktivitas selama bulan Ramadhan, Jakarta, Kamis (16/5).

Tidak kalah seru, selama perjalanan mudik, Google juga menyediakan fitur "Youtube Creator on The Rise". Dengan itu, pemudik yang gemar membuat konten vlog dapat memanfaatkannya untuk berbagi pengalaman dengan pengguna lain.

Google juga memfasilitasi kemudahan bagi pelanggannya yang Muslim. Mereka tak lagi sulit, misalnya, menentukan arah kiblat selama perjalanan mudik.

Google kini telah menyiapkan aplikasi "Qibla Finder" yang bisa langsung diakses melalui Google Chrome. Qibla Finder akan menunjukkan ke mana arah kiblat yang akurat sesuai titik global positioning system (GPS).

 
Kamis, 26 Jumadil Akhir 1441 / 20 Februari 2020
IMSAK SUBUH ZUHUR ASAR MAGRIB ISYA
04:41 04:41 12:09 15:20 18:18 19:27

widget->kurs();?>