Rabu 20 Apr 2022 20:29 WIB

PMI Yogya Gelar Donor Darah Massal di Masjid Tambah Stok Kantong Darah

Donor darah massal ini dilakukan menjelang berbuka atau usai shalat tarawih.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Muhammad Fakhruddin
PMI Yogya Gelar Donor Darah Massal di Masjid Tambah Stok Kantong Darah (ilustrasi).
Foto: Prayogi/Republika.
PMI Yogya Gelar Donor Darah Massal di Masjid Tambah Stok Kantong Darah (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA -- Palang Merah Indonesia (PMI) melakukan donor darah massal selama Ramadhan, salah satunya di Masjid Gede Kauman. Donor darah dilakukan untuk mengantisipasi berkurangnya stok kantong darah.

"Selama bulan Ramadhan, donor darah massal ini dilakukan menjelang berbuka atau usai shalat tarawih," kata Wakil Wali Kota Yogyakarta di Masjid Gede Kauman, Selasa (19/4) malam.

Baca Juga

Melalui donor darah massal ini, diharapkan dapat menambah setidaknya 500 kantong darah. Dengan begitu, permintaan masyarakat terhadap kantong darah juga dapat tercukupi dengan maksimal, khususnya di Kota Yogyakarta.

"Alhamdulillah masyarakat sangat antusias dalam donor darah massal ini. Semoga dengan adanya kegiatan ini bisa menambah stok kantong darah yang signifikan," jelasnya.  

 

Heroe menyebut, saat ini permintaan masyarakat terhadap kantong darah belum mengalami penurunan. Bahkan, katanya, ada golongan darah yang saat ini hanya tersedia dalam jumlah yang kecil.

Untuk itu, upaya penambahan kantong darah pun harus tetap dilakukan secara optimal. Donor darah massal yang digelar di masjid saat Ramadhan ini menjadi salah satu upaya untuk menambah stok kantong darah di Kota Yogyakarta.

"Stok darah untuk semua golongan darah di PMI Kota Yogya tersedia, namun stok paling sedikit adalah untuk golongan darah AB," ujar Heroe.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement