Sejak Januari 2022, Sekitar 118 Ribu Jamaah Umrah Telah Bertolak ke Tanah Suci

Kamis , 21 Apr 2022, 03:07 WIB Redaktur : Hiru Muhammad
Selama bulan suci Ramadhan ini selain memberangkatkan jamaah umrah, ABT Travel bersama dengan PT Madinah Iman Wisata (MIW) juga menyalurkan paket santunan untuk 1.500 anak yatim dhuafa.
Selama bulan suci Ramadhan ini selain memberangkatkan jamaah umrah, ABT Travel bersama dengan PT Madinah Iman Wisata (MIW) juga menyalurkan paket santunan untuk 1.500 anak yatim dhuafa.

IHRAM.CO.ID, JAKARTA - Direktur Jenderal Penyelenggara Haji dan Umrah Kementerian Agama, Hilman Latief mengatakan sejak 8 Januari hingga April 2022 sekitar 118 ribu orang telah berangkat umrah ke Tanah Suci."Sampai saat ini sejak Januari sudah ada 118 ribu orang yang berangkat ke Arab Saudi untuk menunaikan ibadah umrah," ujar Hilman. 

 

Terkait

Hilman mengatakan pelaksanaan umrah pada tahun ini penuh dinamika, kaena penyelenggaraan masih dalam suasana pandemi Covid-19, sehingga diperlukan kehati-hatian.  Ketua Program Studi Program Pendidikan Dokter Spesialis Kedokteran Penerbangan FKUI Budi Sampurna meminta jamaah umrah dengan penyakit kronik agar lebih berhati-hati dalam melaksanakan ibadah umrah di tengah pandemi Covid-19."Mereka yang punya penyakit kronik, degeneratif yang mungkin merupakan komorbidharus lebih hati-hati," ujarnya dalam webinar "Adaptasi Kebiasaan Baru Ibadah Umrah di Masa Pandemi" yang diikuti di Jakarta, Rabu (20/4/2022).

Baca Juga

Ia mengharapkan jamaah umrah mengetahui status kesehatannya masing-masing agar lancar menunaikan ibadah umrah di tengah pandemi Covid-19."Yang penting adalah kita tahu status kesehatan kita sendiri, kalau sudah tahu maka kita harus hati-hati," tuturnya.

Para jamaah diminta untuk menjaga kebugaran tubuh dengan melakukan olahraga secara rutin."Karena di sana kita akan banyak bergerak. Jangan memilih olahraga yang berat tapi olahraga yang ringan tetapi terus berkelanjutan, itu akan lebih baik," kata Budi Sampurna yang juga Konsultan Forensik Medikolegal, Spesialis Kedokteran Penerbangan.

Selain itu peran perusahaan  layanan pendukung haji juga penting dalam menciptakan konsidi yang aman dan nyaman bagi para jamaah umrah dan haji. Hal itu salah satunya dilakukan ABT Travel yang bekerja sama dengan sejumlah tempat penginapan dan sarana akomodasi di Tanah Suci.  

Selama bulan suci Ramadhan ini selain memberangkatkan jamaah umrah, ABT Travel bersama dengan PT Madinah Iman Wisata (MIW) juga menyalurkan paket santunan untuk 1.500 anak yatim dhuafa. Kegiatan ini dilakukan secara simbolis oleh Direktur Utama MIW Didik Ariyanto di Masjid Agung Trans Studio Bandung, Ahad (17/4/2022).

Direktur Utama ABT Travel Saipul Bahri yang turut hadir di acara itu menuturkan, nominal paket santunan yang disalurkan mencapai Rp 350 juta. "Kami berharap paket santunan yang disalurkan ini dapat memberi manfaat bagi yatim dan dhuafa," kata Saipul dalam keterangan resmi, Rabu (20/4/2022).  Penyaluran paket santunan ini sekaligus sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan untuk memberikan kebermanfaatan bagi umat.

 

sumber : antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini