Kamis 21 Apr 2022 14:35 WIB

Hari Jadi ke-97, RSUD Banyumas Adakan Pengobatan Spesialis Gratis

Kegiatan ini disambut baik oleh masyarakat.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Yusuf Assidiq
Pengobatan spesialis gratis RSUD Banyumas dalam rangka merayakan hari jadi rumah sakit ke-97.
Foto: Dokumen
Pengobatan spesialis gratis RSUD Banyumas dalam rangka merayakan hari jadi rumah sakit ke-97.

REPUBLIKA.CO.ID, BANYUMAS -- Pada  30 April 2022, RSUD Banyumas, Jawa Tengah, memasuki usianya yang ke-97. Untuk memperingatinya, rumah sakit tersebut menyelenggarakan berbagai kegiatan lomba untuk umum dan juga bakti sosial untuk masyarakat.

Tahun ini bakti sosial yang dilakukan berupa pengobatan gratis yang berpusat di Puskesmas Sokaraja 1 Kecamatan Sokaraja Kabupaten Banyumas. Pengobatan gratis ini sangat spesial karena dilakukan langsung oleh para dokter spesialis yang mengabdi di RSUD Banyumas.

Layanan dokter spesialis yang diberikan diantaranya spesialis saraf, spesialis penyakit dalam, spesialis jantung, spesialis anak, spesialis jiwa, dan spesialis kandungan. Layanan ini sebagai wujud terima kasih nyata atas pelayanan RSUD Banyumas yang telah diterima dengan baik oleh masyarakat luas.

Direktur RSUD Banyumas, dr Dani Esti Novia, menyampaikan harapan agar kegiatan pengobatan ini akan mendekatkan jenis-jenis layanan yang ada di RSUD Banyumas yang mungkin selama ini belum diketahui oleh masyarakat.

“Apabila bapak ibu semua memerlukan rujukan dapat kembali bertemu dengan dokter-dokter di RSUD Banyumas, tapi doa kami bapak ibu semua sehat, tapi apabila membutuhkan dapat melakukan ataupun memeriksakan diri di RSUD Banyumas," ujar dr Dani di depan para peserta, Kamis (21/4/22).

Kepala Puskesmas 1 Sokaraja, dr Fajar Windiyasari Dwi Wardani, mengatakan antusiasme masyarakat Sokaraja dan sekitarnya sangat luar biasa. “Sampai jam 10 masih membludak, mudah-mudahan kegiatan yang seperti ini akan lebih sering diselenggarakan sehingga memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat," kata dr Fajar.

Ia menambahkan, dengan adanya pengobatan gratis ini, maka pelanggan atau pasien yang seharusnya biasanya berkunjung ke rumah sakit sekarang cukup di puskesmas sudah mendapatkan pelayanan dari dokter spesialis.

Pelayanan yang dapat diterima peserta saat ini di antaranya pemeriksaan penunjang ada EKG, USG, dan lainnya. “Ini pasti akan sangat memberikan manfaat kepada masyarakat yang sangat membutuhkan pelayanan kesehatan," ujarnya.

Kegiatan ini disambut baik oleh masyarakat. Masriyah (42 tahun), salah seorang peserta asal Sokaraja Lor mengatakan, dia sangat terbantu atas adanya acara kegiatan pengobatan gratis ini.

“Acara ini dapat membantu masyarakat miskin, dengan adanya pengobatan gratis ini saya merasa terbantu," ujar Masriyah.

Selain pengobatan gratis, para peserta juga mendapatkan penyuluhan tentang imunisasi pada anak yang disampaikan oleh dokter spesialis anak RSUD Banyumas. Kegiatan berakhir pukul 14.00 WIB untuk pemberian pelayanan kesehatannya, dan diperkirakan hampir 300 peserta hadir.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement