Rabu 27 Apr 2022 19:30 WIB

Sambut Lebaran, Baitul Mal FKAM DIY Bagikan 585 Paket Lebaran untuk Anak Yatim

Sebanyak 585 paket kado lebaran yatim senilai Rp 250 ribu disalurkan ke 22 titik.

Rep: My33/ Red: Fernan Rahadi
Dewan Pimpinan Wilayah Forum Komunikasi Aktivis Masjid (DPW FKAM) Daerah Istimewa Yogyakarta melaksanakan serangkaian program syiar Ramadhan 1443 Hijriyah yang bertajuk
Foto: Kurnia Aditama
Dewan Pimpinan Wilayah Forum Komunikasi Aktivis Masjid (DPW FKAM) Daerah Istimewa Yogyakarta melaksanakan serangkaian program syiar Ramadhan 1443 Hijriyah yang bertajuk "Berbagi Kado Lebaran Yatim". Dengan berkolaborasi berbagai elemen masyarakat dan pemerintah, mereka membagikan kado lebaran untuk anak-anak yatim.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Dewan Pimpinan Wilayah Forum Komunikasi Aktivis Masjid (DPW FKAM) Daerah Istimewa Yogyakarta melaksanakan serangkaian program syiar Ramadhan 1443 Hijriyah yang bertajuk "Berbagi Kado Lebaran Yatim". Dengan berkolaborasi berbagai elemen masyarakat dan pemerintah, mereka membagikan kado lebaran untuk anak-anak yatim.

"Pada acara kali ini, kami memfokuskan sasaran kepada anak yatim, terutama mereka yang terdampak pandemi Covid-19. Anak-anak yang kehilangan bapak mereka yang diutamakan untuk mendapatkan bantuan ini," ujar Kepala Layanan dan Pemberdayaan DPW FKAM DIY, Aris Hananto, kepada Republika, Rabu (27/4/2022).

Idul Fitri, kata dia, merupakan momen istimewa usai bulan Ramadhan, di mana momen kebahagiaan semestinya bisa dirasakan oleh seluruh umat Islam. Terlebih lagi bagi anak-anak, tak terkecuali anak yatim yang sudah tidak lagi memiliki sosok figur seorang ayah dalam keluarga mereka, sehingga mereka tetap bisa merasakan kebahagiaan di hari raya Idul Fitri kali ini.

Dia menambahkan, meningkatnya jumlah anak yatim sebagai dampak Pandemi Covid-19 sangat menuntut kepedulian kita. Terlebih lagi dalam kondisi perekonomian yang susah terkadang masih didapati keluarga yatim yang tidak memungkinkan bahkan hanya untuk sekedar membelikan sekotak kue lebaran. Hal ini menjadi salah satu perhatian Baitul Mal FKAM sebagai lembaga filantropi di bawah lembaga besar FKAM, agar bisa mewujudkan kebahagiaan anak-anak yatim di hari Lebaran.

"Kami sangat berterima kasih kepada semua pihak yang tidak bisa kami sebutkan satu persatu, yang telah mendukung dalam mensukseskan acara ini, khususnya bagi para donatur yang menitipkan sebagian hartanya, semoga mendapatkan balasan yang lebih baik," jelasnya.

Sebanyak 585 paket kado lebaran yatim senilai Rp 250 ribu per paket telah disiapkan DPW FKAM DIY, dan disalurkan di 22 titik lokasi yang tersebar di empat kabupaten dan satu kotamadya di DIY dengan berkolaborasi dengan seluruh elemen masyarakat.

Salah satu pusat titik yang menjadi lokasi yaitu masjid Diponegoro Balai Kota Yogyakarta. Bersinergi dengan DMI, Baznas Kota Yogyakarta, dan Komunitas Kala Berbagi, FKAM akan membagikan 117 paket kado lebaran. Acara ini juga dihadiri jajaran Pemkot Kota Yogyakarta dan dilaksanakan pada hari Selasa  (26/4/2022) pukul 12.00 WIB.

"Untuk hari ini kita mulai dari jam 09.00 WIB hingga 14.00 WIB. Anak-anak nanti kemari dan apabila bantuan ini masih tersisa, nanti kita salurkan ke Baznas agar dapat dibagikan kepada anak yati di daerah Kota Yogyakarta," katanya.

Aris menambahkan, kegiatan ini juga bertujuan untuk mengedukasi dan memotivasi kepada masyarakat secara umum akan pentingnya peduli dan perhatian kepada masa depan anak yatim, sehingga tercipta persatuan dan kekompakan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement