Kamis 28 Apr 2022 15:56 WIB

Kementerian Haji Saudi Perketat Pengawasan Penyedia Layanan Umroh

Kementerian Haji Saudi Perketat Pengawasan Penyedia Layanan Umroh.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Muhammad Hafil
Kementerian Haji Saudi Perketat Pengawasan Penyedia Layanan Umroh. Foto:   Umrah
Foto: Saudigazette
Kementerian Haji Saudi Perketat Pengawasan Penyedia Layanan Umroh. Foto: Umrah

IHRAM.CO.ID,MAKKAH -- Kementerian Haji dan Umroh Saudi telah melakukan lebih dari 1.469 tur inspeksi, sejak awal Ramadhan di Madinah dan Makkah.

Asisten Wakil Menteri untuk Layanan Haji dan Umroh, Hesham Saeed, mengatakan kementerian juga telah mengamati pelanggaran dan kekurangan di penyedia layanan dan perusahaan.

Baca Juga

Dilansir di Arab News, Kamis (28/4), kementerian fisebut berkomitmen untuk memberikan standar layanan tertinggi bagi para peziarah dan tidak akan mentolerir kelalaian apa pun.

Pihaknya telah mengambil tindakan dan mengeluarkan denda sebesar 50.000 riyal Saudi untuk lebih dari 10 perusahaan umrah. Perusahaan yang melanggar dilarang bekerja, dengan satu perusahaan telah ditangguhkan operasionalnya selama Ramadhan.

Lebih lanjut, Saeed mengatakan sebagian besar pelanggaran yang dilakukan terkait dengan layanan akomodasi dan transportasi. Sebanyak 165 pelanggaran terjadi di Mekah dan 391 di Madinah, serta tindakan hukum telah diambil untuk meminta pertanggungjawaban para pelanggar.

"Perusahaan umroh Saudi yang sudah dilisensi oleh Kementerian Haji dan Umroh berkomitmen untuk menyediakan semua layanan bagi para peziarah, dari kedatangan hingga kepulangan mereka," ucapnya.

Perusahaan umroh juga disebut menyediakan akomodasi, transportasi dan layanan di lapangan, bahkan terkadang layanan subsisten. Jika jamaah tidak menerima layanan sesuai pra-kontrak, kementerian akan campur tangan dan melindungi hak-hak jamaah.

Saeed juga menyampaikan tim inspeksi dari kementerian bekerja sepanjang waktu untuk mengamati pelanggaran dan kekurangan yang ada.

Adapun peziarah dan pengunjung dapat menghubungi kementerian melalui platform media sosial dan melalui nomor telepon 920002814 untuk pelaporan. Sejauh ini, pihak kementerian telah menerima lebih dari 72.000 panggilan.

Tim di lapangan disebut terus melakukan inspeksi, menindaklanjuti keluhan dan mengambil tindakan yang tepat untuk melayani peziarah.  

Sumber:

https://www.arabnews.com/node/2072001/saudi-arabia

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement