Senin 02 May 2022 00:34 WIB

572 Personel Disiagakan Pengamanan Objek Wisata di Jepara

Ratusan personel tersebut terdiri dari polisi, TNI dan instansi terkait.

Wisatawan berjalan di dermaga pelabuhan kapal penumpang usai tiba di Karimunjawa, Jepara, Jawa Tengah. ilustrasi
Foto: Antara/Aji Styawan
Wisatawan berjalan di dermaga pelabuhan kapal penumpang usai tiba di Karimunjawa, Jepara, Jawa Tengah. ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JEPARA -- Sebanyak 572 personel gabungan dari Polri, TNI dan instansi terkait lainnya siap melakukan pengamanan tempat-tempat wisata selama libur Lebaran serta tradisi syawalan di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah."Pengamanan tersebut juga masih dalam satu rangkaian Operasi Ketupat Candi 2022, sehingga semua kekuatan diterjunkan. Dari ratusan personel tersebut, meliputi 305 personel dari Polres Jepara, kemudian ditambah personel TNI dan instansi terkait sebanyak 267 personel," kata Kapolres Jepara AKBP Warsono di Jepara, Ahad (1/5/2022).

Ia mengungkapkan ratusan personel tersebut akan dibagi sesuai karakteristik kerawanan, baik sebelum maupun sesudah Lebaran, terutama di objek-objek wisata.Untuk memastikan kesiapan pengamanan di tempat-tempat wisata, Kapolres Jepara beserta jajarannya juga melakukan pengecekan beberapa tempat wisata.Di antaranya, Pulau Panjang, Bandengan, TPI Ujung Batu yang nantinya dijadikan tempat perayaan tradisi syawalan dengan larung di laut.

Ia memastikan pada libur Lebaran nanti banyak masyarakat yang melakukan wisata laut, sehingga perlu dipastikan kesiapan personel dan antisipasi terkait pengamanan pengunjung wisata laut. Demikian halnya, imbuh dia, Objek Wisata Pulau Panjang juga perlu dipastikan kesiapannya karena nantinya tentu menjadi salah satu tujuan masyarakat untuk berwisata.

"Kami juga akan menyiapkan pos cek poin untuk memantau aktivitas masyarakat yang berwisata," ujarnya.

Sementara kesiapan menjelang pesta lomban sebagai tradisi di Kabupaten Jepara juga sudah dilakukan dengan melakukan gladi dan pengecekan rute maupun lokasi yang nantinya dijadikan tempat pelarungan supaya mengetahui cara pengamanan dan cara bertindak melakukan kegiatan.

Dalam rangkaian ops ketupat candi dilibatkan 305 personel, ditambah TNI dan instansi terkait 267. akan dibagi sesuai karakteristik kerawanan, baik sebelum dan sesudah :Lebaran di objek wisata.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement