Senin 23 May 2022 16:55 WIB

Akhir Pekan Ini, Liga Selancar Dunia Bakal Diselenggarakan di Banyuwangi

Telah banyak peselancar yang datang ke G-Land mulai awal Mei 2022.

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Muhammad Fakhruddin
Akhir Pekan Ini, Liga Selancar Dunia Bakal Diselenggarakan di Banyuwangi (ilustrasi).
Foto: Antara
Akhir Pekan Ini, Liga Selancar Dunia Bakal Diselenggarakan di Banyuwangi (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,BANYUWANGI -- Liga Selancar Dunia World Surf League (WSL) Championship Tour akan segera diselenggarakan mulai 28 Mei hingga 6 Juni 2022. Kegiatan ini akan dilaksanakan di Pantai G-Land, Kabupaten Banyuwangi.

Kepala Balai Taman Nasional Alas Purwo, Nuryadi mengatakan, tidak hanya para atlet yang datang menjajal sirkuit alam di Kabupaten Banyuwangi. "Para penghobi olahraga selancar dari berbagai negara juga akan meramaikan G-Land," kata Nuryadi.

Baca Juga

Menurut Nuryadi, telah banyak peselancar yang datang ke G-Land mulai awal Mei 2022. Mereka penasaran terhadap lokasi yang akan digunakan acara internasional dengan social media engagement terbesar ketiga di dunia untuk ajang olahraga tersebut. 

Gabriela Bryan (20 tahun) merupakan salah satu atlet selancar asal Hawai yang telah tiba di G-Land. Berdasarkan pengamatannya, ombak di G-Land luar biasa sehingga sangat menyenangkan. Terlebih dia bisa menyaksikan kehidupan alam liar juga di tengah hutan.

Sebagai informasi, Pantai Plengkung (G-Land) berada di area TN Alas Purwo. Pantai ini dikenal sebagai surga bagi peselancar dunia. 

Kawasan G-Land telah ditetapkan sebagai Cagar Biosfer Dunia oleh UNESCO-PBB dan Geopark nasional. Saat ini tempat tersebut juga dalam pengajuan sebagai bagian dari jaringan geopark dunia atau UNESCO Global Geopark (UGG). Tidak hanya G-Land, pengajuan ini dilakukan bersama Kawah Ijen dan Pantai Pulau Merah.

G-Land memiliki ketinggian ombak sekitar 6 hingga 8 meter dan panjang dua kilometer (km). Pantai ini diklaim menjadi destinasi impian para peselancar di seluruh dunia. Pasalnya, ombak G-Land termasuk kategori salah satu terbaik di dunia.

Gelombang di G-Land juga seringkali dapat membentuk tabung air yang hampir sempurna. Foto aksi peselancar di dalamnya kerap viral di berbagai belahan dunia.

WSL Championship Tour 2022 sendiri digelar di sejumlah pantai terpilih dimulai sejak Januari 2022 dan bakal berakhir Agustus 2022.  Beberapa pantai yang terpilih berada di Hawaii, Australia, Amerika Serikat, Banyuwangi (Jawa Timur, Indonesia), Brazil, Afrika Selatan, Portugal, dan Tahiti. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement