Rabu 01 Jun 2022 18:19 WIB

ITS PKU Muhammadiyah Surakarta Lolos Pendanaan PKM 8 Bidang

Tim mahasiswa yang menyusun proposal PKM pun juga diberikan pembekalan sebelumnya.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Fernan Rahadi
Dana hibah (ilustrasi).
Foto: blogspot.com
Dana hibah (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, SURAKARTA -- Institut Teknologi Sains dan Kesehatan (ITS) PKU Muhammadiyah Surakarta lolos pendanaan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 8 Bidang Tahun 2022 dari Kemendikbud Ristek. ITS PKU dinyatakan lolos untuk skema pendanaan PKM-PM berjumlah satu judul dan PKM-RE berjumlah dua judul.

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerja Sama ITS PKU, Sri Mintarsih mengatakan, usulan proposal PKM-PM yang lolos yakni dengan judul 'Edukasi Kesehatan Reproduksi pada Siswa Tunarungu Menggunakan Video Pembelajaran dengan Bahasa Isyarat di SLB-B (YRTRW) Surakarta'. Proposal tersebut disusun oleh empat mahasiswa yang tergabung dalam tim PKM dari Program Studi (Prodi) D3 Keperawatan.

"Sedangkan, PKM-RE dinyatakan lolos dua tim mahasiswa dari Prodi S1 Gizi," kata Sri dalam siaran pers yang diterima Republika, Selasa (31/5/2022).

Tim pertama yang lolos PKM-RE ini, katanya, mengusulkan proposal dengan judul 'Bubur Cangkang Telur Substitusi Ekstrak Jahe sebagai Makanan Tinggi Kalsium untuk Menjaga Imunitas'. Proposal tersebut disusun oleh lima mahasiswa dari Prodi Gizi.

Tim kedua yang lolos terdiri empat mahasiswa dengan judul proposal 'Permen Jelly Buah Okra Substitusi Daun Stevia bagi Penderita Diabetes Mellitus'.

Sri menuturkan, penyusunan proposal PMK merupakan implementasi program kerja dari Unit Ilmiah Bidang Kemahasiswaan yang berkoordinasi dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) ITS PKU dan prodi terkait. Tujuannya yakni agar dapat menghasilkan output nyata di bidang penelitian mahasiswa, sesuai dengan kompetensi prodi terkait.

Tim mahasiswa yang menyusun proposal PKM pun juga diberikan pembekalan sebelumnya. Dalam pembekalan tersebut, diberikan materi-materi sosialisasi agar mahasiswa yang terlibat dapat menyusun proposal dengan baik.

"Mengikuti pembekalan yang diadakan oleh ITS PKU dan dilanjutkan dengan workshop klinik proposal yang telah disusun agar para tim yang menyusun bisa memahami dengan baik, dan semakin mantap, serta percaya diri mengusulkan usulan proposal yang disusun bersama anggota tim dan bisa lolos pendanaan tahun 2022 ini," ujarnya.

Penghargaan khusus pun diberikan kepada tim mahasiswa yang sudah lolos PKM 8 Bidang tersebut. Penghargaan yang dengan bersinergi bersama Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kurikulum ITS PK

"Yang tujuannya dapat meningkatkan minat, kualitas dan kuantitas jumlah proposal, serta keinginan yang tinggi guna menyusun proposal di tahun-tahun selanjutnya," jelas Sri.

Rektor ITS PKU, Weni Hastuti pun berharap agar ketiga tim mahasiswa yang lolos pendanaan PKM 8 Bidang tersebut juga lolos pada seleksi Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) Tahun 2022. PKM 8 Bidang sendiri digelar guna meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menjadi pribadi yang unggul, berkarakter, kreatif, inovatif, interaktif dan kooperatif dalam peningkatan domain Intelektual/kognitif, attitude, dan psikomotor.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement